Cara Memperbaiki dan Mengecek Starter Motor Rusak

Spearpart motor
Sumber freepik
Motor, pasti kalian sudah lumrah dengan kata "motor", setiap hari digunakan untuk memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. mulai dari mengantar anak sekolah, untuk bekerja, atau turing ke suatu daerah. Manfaat motor tersebut sekarang ini sudah berpengaruh sangat besar dalam sektor apapun, sehingga motor tidak dapat dilepas dalam kehidupan sehari-hari kita.

Semakin banyak motor di indonesia, makin banyak juga bermunculan motor yang mengalami kerusakan, maka timbul lapangan bekerjaan baru, disebut bengkel atau bisa disebut tempat perbaiki motor. Walau sekarang bengkel sudah banyak di seluruh negeri ini, akan tetapi masih banyak yang belum tahu atau tidak berminat mempelajari perbaiki motor.

Motor mengalami kerusakan karena beberapa sebab. Bisa dilihat bagian-bagian yang mengalami kerusakan terlebih dahulu, agar dapat mengerti bagian spearpart mana yang harus diganti. Berikut motor yang mengalami kerusakan bagian stater.  Untuk semua jenis motor.

Tips dan cara memperbaiki stater motor:

Pertama, sebelum kalian bongkar, terlebih dahulu kalian cek-cek ringan dengan mengira-ira bagian mana yang mengalami kerusaka, bila sudah tahu kendalanya, bisa kalian bongkar secara keseluruhan, cara ini agar kalian tidak kerja dua kali. Berikut  cara memperbaiki dan mengecek bagian starter dengan beberapa tahap:

  • Periksa Aki

Aki/accumulator bisa kalian cek menggunakan multitester atau voltmeter, karena aki sangat penting, aki sebagai listirik untuk memutarkan dinamo, sehingga bila listrik tidak ada, pasti tidak bisa memutar dinamonya.

  •  Periksan Rangkaian Kabel Keseluruhan 

Bila starter saat dipencet keras kalian bisa bersihkan terlebih dahulu, karena terlalu banyak debu didalamnya. Jika stater dipencet tidak bunyi, kemungkinan jalur listriknya, atau jalur kontak motor untuk menghidupkannya putus kabelnya, kalian harus periksa semua bagian kabel, bila kabel satu saja sudah putus, maka tidak akan menghidupkan dinamo atau listrik tidak dapat masuk ke dinamo.

  • Bandwidth Rusak

Bandwidth ini berfungsi untuk membuat arus listrik menjadi kecil, supaya percikan apinya tidak ada. Platina dalam bandwidth sudah aus, bandwidth mengalami kendala, bisa di cek dengan cara lubangnya diberi besi atau di colok dengan tang lalu bila dinamo berputar maka kendala colokan bandwidthnya, bila tidak berputar berarti bandwidth rusak, dibagian platinanya sudah aus. 

  • Periksa  Dinamo 

Pengecekan terakhir bila dirasa semua sudah dicoba tetapi tidak mengalami kerusakan di cara sebelum-sebelumnya, berarti dinamo positif rusak. Jika starter hanaya bunyi ctek-ctek kemungkinan dinamonya. Kalian bisa cek dinamonya. Seperti bagian magnet dinamo mengalami pecah atau tidak lengket ke tabung dinamonya, atau areng-areng/carbon brush sudah rusak. 
  • Gara-gara magnet lepas 
  • Areng2 aus atau carbon brush rusak
  • Relay starter rusak
  • Bendwidth starter yaitu sebagai stop kontak arus yang besar, jadi arus yang besar akan menjadi kecil di platina dan tidak menimbulkan percikan api

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url