Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Google Meet dan Zoom

video conference
freepik

Dalam study atau rapat, kehadiran adalah sebagai bukti kalian mengikuti atau tatap muka langsung dengan seseorang, untuk melakukan pembelajaran atau rapat. Dikarenakan pandemi ini, kegiataan study, beralih menggunakan sistem online demi untuk memutus rantai virus covid-19, dengan begitu kalian dapat secara langsung bertatap muka seperti biasa seperti saat rapat atau study.

Banyak sekali perangkat lunak video conferencing, atau video presentasi sebagai alat memudahkan seseorang melakukan pembelajaran atau bisa disebut sekarang ini kelas online. setiap perangkat lunak atau platform tersebut memiliki kelebihan dan kekeurangan tersendiri dalam fiturnya. 


Dengan fitur-fitur platform atau perangkat lunak yang berbeda-beda, yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan video conferencing, atau kelas online, kalian disuguhi fitur yang bisa membuat nyaman dalam rapat kalian, seperti apa fitur-fitur beberapa perangkat lunak yang sekarang sudah banyak beredar dan digunakan banyak kalangan. Berikut fitur perangkat lunak yang tepat untuk keperluan kalian.

Perbedaan platform layanan video conferencing Gratis kali ini yaitu ZOOM DAN GOOGLE MEET 

1. Durasi 

Perbedaan kedua platform tersebut yang sangat mempengaruhi kenyamanan saat melakukan rapat yaitu durasi, karena jika durasi rapat sebentar memungkinkan kegiataan atau penyampaian materi dalam rapat tersebut tidak tuntas  dan tidak menyelesaikan permasalahan dalam rapat tersebut. Durasi Google Meet sendiri hanya 60 menit dan Zoom hanya 40 menit. perbedaan platform tersebut selisish 20 menit.

2. Kualitas Gambar 

Kualitas gambar yang di hasilkan kedua platform tersebut cukup memuaskan, karena kejernihan kualitas gambar tersebut menghasilkan gambar tidak pecah-pecah, akan tetapi dari kedua platform tersebut jika koneksi yang tidak stabil, google meet lebih stabil dalam memberikan suara dan gambar. Berbeda dengan zoom cukup stabil jika saat jaringan kalian stabil akan tetapi berbeda jika jaringan kalian tidak stabil akan menghasilkan suaranya patah-patah dan membuat gambar lag.


3. Kestabilan Jaringan 

Kedua platform tersebut sangat berbeda dalam kestabilan jaringan. Beberapa pengguna banyak mengeluh saat dalam platform tersebut mengalami kendala seperti tiba-tiba jaringan hilang, atau jaringan sedikit menurun membuat lag atau patah-patah dalam memnyampaikan sesuatu atau mendengarkan pendapat seseorang. Dalam platform zoom kalian harus mendapatkan sinyal yang kuat, jika tidak kalian akan mengalami lag parah. untuk google meet tidak begitu lag jika jaringan kalian mengalami sinyal lemah.

4. Tampilan

Segi tampilan dari dua platform tersebut memiliki tampilan yang cukup membuat bingung, entah dari kemudahan mengundang anggota, menguplod presentasi atau lampiran, dan sebagainya. Untuk zoom tampilan cukup sedikit meribetkan pengguna, akan tetapi kelebihan zoom yaitu soal menguplod presentasi yang banyak formatnya. dan untuk google meet tampilannya cukup simpel akan tetapi saat menampilkan presentasi sedikit meribetkan.

5. Jumlah Partisipan

Partisipan kedua platform tersebut sangat berbeda, dari platform google meet sendiri maksimum partisipannya sampai 250 peserta, sedangakn partisipan zoom hanya 100 peserta. 

hanya beberapa itu saja yang membuat seorang pengguna video conferencing merasa nyaman atau tidaknya, selebihnya kedua platform tersebut sama, seperti halnya pembuat tanggal rapat, pasword masuk rapat, dan lain-lain,  tergantung kalian pilih sesuai kenyamanan rapat kalian.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url