Apa Itu Templar dan Fungsinya

Templar atau bisa disebut Rocker Arm adalah alat yang bertugas untuk membuka dan menutup katup klep ruang bakar, dan juga setiap silinder memiliki masing-masing dua buah katup, yaitu katup isap dan katup buang, pembuka dan penutup kedua katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros cam (camshaft).

Fungsi sebenarnya adalah untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Karena pembakaran gas dalam silinder mesin harus berlangsung terbakar di ruang rapat. Jika mengaalami kebococran sedikit saja akan mengalami proses pembakaran yang terganggu, oleh sebab itu katup-katup harus tertutup rapat pada saat pembakaran.

Untuk saat pemasukan gas baru, diameter katup masuk lebih besar dari pada katup buang. Karena katup-katup tersebut di lengkapi dengan pegas spiral agar penutupnya rapat. Pegas-pegas tersebut mempunyai tegangan tertentu. 

Akibat pegas katup yang lemah adalah gerakan katup kurang cepat seperti melayang sehingga dapat mengalami kebocoran kompresi. Tegangan pegas terlalu kuat akan  mengakibatkan katup aus sehingga celah katup cepat bertambah besar karena ujung batang katup cepat aus.

Dalam pengembangnnya ada bermacam-macam sistem pemasukan gas, berikut macam-macam pemasukan gas:

Sistem Reed Valve

Sepeda motor dengan sistem reed valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya diatur oleh suatu alat yang disebut reed valve atau disebut juga klep harmonika. Reed valve sangat peka terhadap pengaruh luar. 

Reed vave atau katup buluh atau katup harmonika hanya dipergunakan pada mesin dua langkah. Tetapi tidak semua mesin dua langkah menggunakan katup harmonika ini. Klep harmonika berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas bensin dari karburator ke ruang engkol.

Reed valve dipasangkan pada saluran masuk sepeda motor. Letaknya adalah setelah karburator bila dilihat dari arah gas baru masuk.Pada sepeda motor jenis ini karburatornya dipasang di samping silinder. Contoh: Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Katup ini dapat disetel, tergantung keperluannya. Kesalahan penyetelan terhadap katup harmonika dapat menyebabkan kebocoran gas. Reed valve bekerja berdasarkan perubahan tekanan pada ruang engkol. Ini terjadi pada saat piston bergerak ke atas dari TMB ke TMA reed valve membuka karena adanya kevakuman pada ruang engkol. Gas baru masuk ke dalam ruang engkol. Jika piston bergerak turun dari TMA ke TMB reed valve menutup dan gas masuk kedalam silinder.

Pemeriksaan dan perawatan:

  1. Pemeriksaan terhadap reed valve harus dilakukan dengan hatihati karena reed valve sangat presisi. Jangan menyentuh secara langsung dengan tangan dan jauhkan dari garam. Reed valve harus disimpan di tempat yang kering dan bersih serta terhindar dari sinar matahari.
  2. Periksalah keadaan platnya dari kemungkinan cacat, kendor atau retak. Jika terdapat kerusakan, perbaikilah. Ukurlah celah valve stopper. Jika celah terlalu besar dari standar maka stopper dapat rusak. Jika celah stopper terlalu kecil maka kemampuan sepeda motor akan turun.

Sistem Rotary Valve

Sepeda motor dengan sisitem rotary valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya diatur oleh suatu alat yang disebut rotary valve atau katup berputar. Pada sepeda motor dengan sistem ini karburatornya ada di dalam bak engkol sehingga tidak kelihatan dari luar. Contoh : Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Katup rotary digerakkan oleh poros engkol. Pembukaan dan penutupannya sesuai dengan proses yang berlangsung dalam silinder. Jika piston bergerak dari TMB ke TMA katup rotary membuka saluran pemasukan gas baru sehingga gas baru masuk ke ruang engkol. Gas tersebut akan dialirkan ke ruang bakar pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB.

Sistem Piston Valve

Sepeda motor dengan sistem piston valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya dan saluran gas buangnya diatur oleh piston atau langsung dilakukan oleh
piston. Pada sepeda motor ini karburatornya terpasang pada samping silinder. Contoh: Yamaha. Sistem ini paling sederhana dibandingkan dengan sistem-sistem yang lain.

Sistem Crankshaft Valve

Sepeda motor dengan sistem crankshaft valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya di atur oleh crankshaft. Karburator sepeda motor sistem ini dipasang di samping bak engkol. Contoh : vespa.

 Posisi Saluran Buang Salah satu inovasi yang dilakukan untuk desain mesin dua langkah demi menghasilkan sepeda motor yang asyik pakai dan untuk mengurangi polusi udara adalah dengan mengembangkan desain dari
saluran buangnya. Masing-masing merk produksi menghasilkan modelmodel yang mereka unggulkan. Antara lain yang kita kenal adalah pada Merk Honda dikenal adanya ATAC. Yamaha dengan YPVS-nya dan Kawasaki dengan KIPS.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url