Penyebab Mesin Motor Bunyi kletek kletek


mengatasi mesin motor bunyi kletek kletek
Banyak orang yang bertanya mengenai, kenapa motor bunyi kletek, kletek pada bagian mesin? dari ribuan orang yang bertanya, mungkin sampai setengahnya yang bertanya seperti itu saya perkirakan. kenapa hal tersebut terjadi? dan bagaimana memperbaikinya? memperbaiki sendiri cukup mudah kok, hanya butuh ketelitian dan keberanian.

Dari ribuan orang yang berani memperbaikinnya mungkin tidak ada setengah, yang lainnya menyerahkannya kepada bengkel, supaya hasil yang diingkan sesuai walau mengeluarkan uang yang lebih banyak, bila kalian ingin mencoba memperbaiki sendiri, kalian bisa simak di penjelasan dan tahap memperbaikinya berikut ini:

sebelum kalian bongkar, terlebih dahulu kalian mengenali dan mengira-ngira bagian mana yang mengalami kerusakan, dan bila sudah pasti bisa kalian bongkar bertahap.

Klep motor

Klep motor terletak pada bagian depan silinder. fungsi dari klep adalah berfungsi untuk menyetabilkan tarikan motor agar tetap dalam kodisi stabil dan prima. kalian bisa stel klep tersebut, agar tarikannya stabil, karena bila tidak stabil akan membuat gear untuk keteng motor tidak berputar


keteng motor (Camshaft)

Rantai keteng atau Camshaft sepeda motor harus dipasang dengan tegangan yang cukup. Rantai camshaft yang terlalu tegang akan menimbulkan bunyi mendesing terutama pada putaran tinggi sedangkan rantai camshaft yang terlalu kendor akan menimbulkan suara berisik. 


Piston

Fungsi ring piston adalah untuk mempertahankan kerapatan antara piston dengan dinding silinder agar tidak ada kebocoran gas dari ruang bakar ke dalam bak mesin. Oleh karena itu, ring piston harus mempunyai kepegasan yang yang kuat dalam penekanan ke dinding silinder. Piston bersama-sama dengan ring piston berfungsi sebagai berikut:
  1. Mengisap dan mengkompresi muatan segar di dalam silinder
  2. Mengubah tenaga gas (selama ekspansi) menjadi usaha mekanis
  3. Menyekat hubungan gas di atas dan dan di bawah piston
Pemasangan ring piston dapat dilakukan tanpa alat bantu tetapi harus hati-hati karena ring piston mudah patah. Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ring piston dua langkah dapat berakibat:
  1. Dinding silinder bagian dalam cepat aus
  2. Mesin tidak stasioner
  3. Suara mesin pincang
  4. Tenaga mesin kurang
  5. Mesin sulit dihidupkan
  6. Kompresi mesin lemah

Next Post Previous Post
3 Comments
  • sufyan Yaan
    sufyan Yaan 28 Jul 2020, 13:23:00

    Kiranya hal itu salah satunya sih sudah tau, yang lainnya baru baca..

    • Cahyo
      Cahyo 28 Jul 2020, 13:25:00

      Terima kasih, atas tutor cara menampilkan profil di atas tulisan

    • Cahyo
      Cahyo 28 Jul 2020, 13:38:00

      OIya, kalo tutor cara mengganti icon back pada header menjadi icon bilah sisi ada hu? Kalo ada judul artikelnya apa hu?

Add Comment
comment url