Tren Satmori dan Sunmori - Menikmati Bermotor di Kota

Sumber Freepik
Tren Satmori dan Sunmori - Apa sebenarnya tren tersebut?, dan apa kaitanya dengan biker?. Sebenarnya  kata ini kerap dipakai biker dan komunitas, karena saturday & sunday morning Ride atau yang biasa di sebut, satmori dan sunmori adalah ajang para biker dan  para komunitas-komunitas pecinta motor untuk bertemu di satu titik dan melakukan riding bareng untuk ke tempat tujuan finish🏁 - IIMS.

Kegiataan ini biasanya dilakukan di hari minggu pagi di kota-kota besar, yang dari berbagai keterangan komunitas munculnya satmori dan sunmori karena kurang nikmatnya naik sepeda motor di kota-kota besar.

Sebagian banyak orang yang mampu beli sepeda motor mahal atau berkapasitas mesin besar, namun banyak juga yang tak bisa menikmatinya, dengan begitu, muncul hari minggu yang dianggap menjadi ritual untuk ridding feeling.

Bagi mereke yang hobi turing tetapi tidak punya waktu, bisa menjadikan sunmori sebagi wadah penyaluran hobinya. Inilah diidamkan setiap biker dan hanya bisa ditemukaan saat minggu pagi yang sepi.

Tujuan sebenarnya juga untuk menjalin persaudaraan di atas aspal melalui ridding satmori atau sunmori.  Akan tetapi kendara moge biasanya identik dengan suara knalpot yang mengglengar dan melaju kencang, tidak jarang hal ini membuat kendaraan mendapat cap arogan di masyarakat.

Dikarenakan kondisi kota-kota besar sering macet sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan moge sebagai alat transportasi, mengingat banyak moge sering mengalami overheat apabila terjebak kemacetan lalu lintas. inilah yang menjadi penyebab banyak pengendara moge yang memacu kendaraannya  dalam kecepatan tinggi. Hal ini dilakukan agar suhu mesin bisa normal kembali, terutama  bagi motor yang tidak memiliki sistem pendingin radiator seperti harley-davidson.

"seperti kejadian konvoi motor sport disetop polisi, mayoritas pengendara kabur" yang tren di platform berita, dalam kejadian tersebut,  pengendara yang melakukan aksi kebut-kebutan, juga menghiraukan himbauan polisi. Sehingga membuat pandangan masyarakat terhadap pengendara moge tidak baik, seperti tidak mematuhi tata tertib lalu lintas, dan membuat kemacetan di jalan raya.  - kejadian tersebut tepatnya di jakarta selatan.

Pendapat saya mengenai hal tersebut, boleh saja pengendara moge melakukan sunmori, asalkan secara tertib, dan tidak membuat marah pengendara personal lainnya, dikarenakan jalan raya tidak dipunyai seorang personal saja, melainkan banyak orang. berbeda dengan pengendara moge yang dikawal dengan aparat, karena sudah memenuhi syarat dan aturan, dan juga bisa saja mendapatkan hak lebih, karena sudah memenuhi syarat dan aturan menggunakan perlengkapan safety menurut saya tidak ada masalah.

Sumber: cnn, iims, kompas.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url