7 Alat MusikTradisional Dengan Asal Daerahnya Juga Cara Memainkannya

Musik merupakan nada yang disusun menjadi irama menghasilkan keharmonisan, beserta menggunakan alat-alat nan menghasilkan bunyi. Seperti pengertian tersebut bahwa musik tak lepasnya dengan alat-alat yang menghasilkan bunyi. Alat musik sudah sejak lama di temukan, sejak  tujuh belas ribu tahun silam yaitu cangkang keong, telah diterbitkan di jurnal Science Advances.

Apa itu alat musik tradisional?

Alat musik tradisional adalah suatu warisan budaya asli karena pengaruh adat istiadat, kepercayaan dan agama di suatu daerah, juga memiliki ciri khas masing-masing. Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional di berbagai daerah, dari sabang sampai merauke, tidak heran bila kita kaya akan ragam dan budayanya.

Alat musik tradisional apa saja yang ada di indonesia berikut :

1. Alat Musik Genggong

Alat musik genggong yang berasal dari daerah bali terbuat dari bahan kayu aren dan bambu, cara memainkannya yaitu dengan cara ditiup.
Daerah asal Genggong yaitu bali, sampai sekarang masih sering dimainkan, mulai untuk upacara atau bermain musik sehari-hari.

2. Alat Musik Kompang

Alat musik kompang berasal dari daerah lampung, alat tersebut seperti rebanan, yang cara memainkannya sama seperti rebanan yaitu dipukul.
Kompang terbuat dari bahan kayu dan kulit kambing, alat tersebut biasanya di pakai saat acara adat, pernikahan, dan sambutan seorang yang datang berkunjung, biasanya kompang dimainkan dengan di iringi lagu bernuansa islami atau syair islami.

3. Alat Musik Serune Kalee

Alat musik serune kalee berasal dari aceh, juga bentuknya menyerupai seperti klarinet, cara menggunakannya juga sama dengan di tiup. 
Alat tersebut digunakan saat acara-acara hibura, sambutan untuk seorang yang datang ke daerah tersebut, dan tarian.

4. Alat Musik Gamelan

Alat musik gamelan, pasti kalian tidak asing lagi dengan benda tersebut, berasal dari Jawa yang dimainkan saat acara-acara adat, pernikahan, acara hiburan atau wayang, dll.
Gamelan terbuat dari besi yang panas kemudian di masukan cetak, sehingga terbentuk menjadi gamela. Biasanya gamelan lengkap atau satu paket dengan alat musik gong.

5. Alat Musik Serunai

Alat musik serunai adalah alat musik yang dengan cara ditiup, bentuknya juga hampir serupa dengan klarinet. Serunai alat musik yang berasal dari daerah minang, sumatra barat.

6. Alat Musik Sasando

Alat musik sasando memiliki bentuk yang unik, juga mempunyai dawai atau senar sebanyak 28 hingga 58. Sasando berasal dari daerah nusa tenggara timur, letaknya di rote, cara memainkannya dengan cara dipetik.
Pembuatanya juga memerlukan bahan yang banyak seperti daun lontar, kayu, bambu, paku, dan senar.

7. Alat Musik Angklung 

Alat musik angklung memiliki bentuk tabung, yang tersusun dari beberapa alat tersebut. 
Cara menggunakan angklung dengan cara di goyangkan dan di getarkan, juga alat tersebut berasal dari daerah sunda, jawa barat.
Beberapa alat musik tradisional tersebut yang hanya admin tuliskan, karena masih banyak lagi alat-alat di daerah lainya yang belum bisa admin sebut semuanya, untuk itu kalian bisa explore lagi untuk alat di daerah yang lain, dan juga mari lestarikan alat musik tradisional indonesia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url