4 Tahap Cara Cepat Melakukan Update Koordinat di ArcGIS 2022 Mudah Kuy

Pembaharuan Koordinat di ArcGIS, ialah mengisi secara otomatis koordinat X serta Y ataupun Long/ Lat terdapat sebagian metode yang dapat dicoba. Baik memakai default tools yang telah ada di ArcGIS ataupun memakai extension yang dapat di download secara free.

Artikel kali ini hendak menampilkan 4 metode melaksanakan pembaharuan nilai koordinat di ArcGIS, 2 metode memakai guna default yang telah ada di ArcGIS, 2 yang lain memakai extension.

1. Pembaharuan koordinat X, Y memakai Field Calculator.

Buat dapat menggunakan guna default dari ArcGIS ini, tadinya wajib telah ada field buat kolom X serta Y( Lat/ Long) pada attribute shapefile yang hendak di pembaharuan koordinatnya dengan memakai tipe Informasi Type Double. Lebih jauh tentang Informasi Type Attribute di ArcMap amati artikel ini.

Klik kanan pada field X( ataupun Y) setelah itu seleksi Field Calculator.

Dari jendela Field Calculator yang terbuka, cek pada kotak Advanced setelah itu isikan pre- Logic VBA Script Code semacam nampak pada foto dibawah ini.( Kamu dapat copy– paste Code tersebut dengan meng- klik button Help di sebelah kanan). Klik OK, hingga field hendak terupdate.

2. Pembaharuan koordinat X, Y memakai Calculate Geometry

Calculate Geometry pula ialah guna default dari ArcGIS. Buat menggunakan guna ini, field X serta Y( Long/ Lat) pula wajib telah ada dengan tipe Informasi Type Double.

Klik kanan pada field X( ataupun Y) setelah itu seleksi Calculate Geometry

Dari jendela Calculate Geometry yang terbuka, Kamu dimohon membenarkan property field yang hendak di pembaharuan nilainya, memastikan koordinat sistem serta units- nya. Klik OK, hingga field hendak terupdate.

3. Pembaharuan koordinat X, Y memakai HawthTools– Table Tools Extension

HawthTools extension dapat di unduh free disini. Dari toolbar HawthTools seleksi Table Tools-

Add XY To Table.

Dari jendela Pembaharuan X, Y Field yang terbuka, tentukan shapefile dengan jenis point yang hendak diupdate koordinatnya. Kamu dapat memilah mengisi nilai koordinat pada field yang telah ada tadinya, ataupun Kamu dapat meningkatkan field baru buat hasilnya. Kamu pula dimohon memastikan proyeksi layer. Klik OK buat menuntaskan proses pembaharuan.

4. Pembaharuan koordinat X, Y memakai XtoolsPro– Table Operations Extension

XtoolsPro dapat di unduh disini. Dari toolbar XtoolsPro

seleksi Table Operations-

Add X, Y, Z Coordinates.

Dari jendela Add X, Y, Z Coordinates yang terbuka, tentukan layer yang hendak diupdate koordinatnya. Istimewanya, Kamu dapat melaksanakan multiple layer dengan multiple jenis informasi yang hendak diproses pembaharuan koordinatnya serta pula melaksanakan spesifikasi output proyeksi sendiri yang berbeda dengan proyeksi layer. Buat opsi proyeksi Geographic, Kamu dapat melaksanakan konversi otomatis jadi Derajat Menit Detik( DMS). Klik OK buat menuntaskan proses pembaharuan.

Contoh hasil output dengan menggunakan Convert Angular units to DMS

Bila dimohon memilah mana yang lebih baik dari keempat guna diatas, Kamu tentu sepakat dengan aku kalau Xtools Pro- lah yang sangat fungsional buat melaksanakan pembaharuan koordinate… Iya kan? 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url