Menyelisik dari 6 Gunung Berapi Paling Aktif Di Indonesia Dari Anak Krakatau Hingga Merapi

Indonesia mempunyai banyak gunung berapi yang masih aktif serta" tidur", sebagian antara lain apalagi sebagian kali erupsi dalam sebagian tahun belum lama ini. Banyak wilayah di Tanah Air semacam di Jawa Tengah serta Jawa Timur yang mempunyai gunung berapi aktif. Yang sangat baru merupakan meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur.

Meletusnya gunung paling tinggi di Pulau Jawa ini pasti bawa kerugian yang lumayan banyak. Musibah erupsi gunung berapi semacam yang terjalin di Semeru memanglah sering kali menyerang Indonesia.

Perihal ini disebabkan secara geografis Indonesia terletak di daerah cincin api pasifik ataupun bundaran api pasifik. Bersumber dari Instagram@ditpsd, cincin api pasifik merupakan pertemuan 3 lempeng tektonik dunia ialah Lempeng Indo- Australia, Lempeng Eurasia, serta Lempeng Pasifik.

Letak geografis Indonesia yang beradai di cincin api tersebut membuat negeri kita rawan terjalin musibah alam semacam erupsi gunung berapi, gempa bumi, apalagi tsunami. Dari sekian banyak gunung berapi, berikut ini catatan 6 gunung berapi sangat aktif di Indonesia.

Gunung Merapi

Gunung Merapi ialah salah satu vunung berapi yang sangat aktif di Indonesia. Gunung yang terletak di 2 provinsi ialah provinsi Jawa Tengah serta DI Yogyakarta ini sebagian kali memuntahkan awan panas sampai lava panas.

Gunung Merapi mempunyai ketinggian 2. 930 m dari permukaan laut. Lereng bagian selatan gunung terletak di daerah Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebaliknya sisanya terletak di daerah provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Magelang( barat), Kabupaten Boyolali( utara serta timur), serta Kabupaten Klaten( tenggara).

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung kesukaan para pendaki gunung. Di musim- musim tertentu, Kamu dapat menemui banyak pendaki yang bersiap buat mendaki gunung ini serta menikmati keelokan alam di puncak Merapi.

Gunung Kelud

Tidak hanya Gunung Semeru, Jawa Timur pula mempunyai gunung berapi aktif yang lain ialah Gunung Kelud. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitas, serta Kabupaten Malang ini terletak di ketinggian 1731 m dari permukaan laut.

Buat menggapai posisi Gunung Kelud, Kamu dapat tiba dari Kota Kediri ataupun Kota Blitar. Gunung Kelud berlokasi kira- kira 35 kilometer sebelah timur pusat Kota Kediri serta 25 kilometer sebelah utara dari pusat Kota Blitar.

Gunung Sinabung

Tidak hanya di Pulau Jawa, gunung berapi sangat aktif di Indonesia pula terletak di Pulau Sumatera. Gunung Sinabung di Dataran Besar Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini terpantau sebagian kali melaksanakan erupsi. Gunung berapi aktif di tanah Sumatera ini mempunyai ketinggian 2. 468 m dari permukaan laut ataupun mdpl.

Gunung Bromo

Jawa Timur mempunyai lumayan banyak gunung berapi yang masih aktif semacam Gunung Semeru serta Gunung Kelud.Tidak hanya 2 gunung tersebut, Gunung Bromo pula ialah gunung berapi aktif di wilayah Jawa Timur. Gunung Bromoatau dalam bahasa Tengger mempunyai ejaan" Brama", mengutip Instagram@ditpsd, pula diucap dengan Kaldera Tengger.

Gunung ini terletak di ketinggian 2. 329 mdpl serta berlokasi di 4 daerah kabupaten di Jawa Timur. Gunung Bromo terletak di daerah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, serta Kabupaten Lumajang.

Gunung Soputan

Di daerah Timur Indonesia, tepatnya di Sulawesi, pula terdapat gunung berapi yang masih aktif. Gunung berapi tersebut mempunyai nama Gunung Soputan. Gunung ini terletak di daerah provinsi Sulawesi Utara. Ketinggian dari Gunung Soputan merupakan 1. 784 m dari permukaan laut.

Gunung Anak Krakatau

Salah satu gunung berapi sangat aktif di Indonesia serta telah populer sampai mancanegara merupakan Gunung Anak Krakatau. Gunung yang terletak di Selat Sunda di antara Pulau Sumatera serta Pulau Jawa ini sempat meletus serta guncangannya terasa sampai Australia. Gunung Anak Krakatau meletus pada tahun 1883 serta memunculkan korban jiwa lebih dari 30. 000 jiwa.

Kuatnya letusan Gunung Anak Krakatau apalagi menimbulkan abu vulkanik gunung ini terbawa sampai sebagian negeri serta membuat temperatur bumi turun. Gunung berapi sangat aktif di Indonesia ini mempunyai ketinggian 110 m dari permukaan laut. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url