Penjelasan Definisi Konsep Pengetahuan Dasar Geografi yang Perlu Diketahui Sebagai Geograf

Geografi merupakan persiapan untuk dunia kerja seseorang pakar geografi, yang mana dengan keahlian analisisnya mereka gampang dipekerjakan di mana- mana

Apakah kalian siswa sekolah menengah? ataupun mahasiswa geografi yang mencari data bonus menimpa perihal ini supaya jago di tes?

Selamat, Kalian tiba di tempat yang pas!

Pada postingan hari ini,  penageo sudah memfokuskan seluruh atensi pada 5 tema geografi, jenis- jenis geografi yang berbeda, fakta- fakta menarik dari geografi, glosarium menimpa geografi serta pembahasan menimpa sebagian tokoh ataupun pakar geografi terkemuka di dunia buat menolong siswa praujian universitas memoles pengetahuan geografinya buat membenarkan kesuksesan di masa yang akan datang.

Ada guru- guru Geografi terbaik di Lima Tema Geografi

Geografi merupakan disiplin ilmu yang bermacam- macam yang bukan cuma semata- mata mennghafal nama bunda kota dari segala negeri di dunia ataupun gimana membaca peta. Tanpa uraian yang mendalam menimpa data geografi, yang dicapai lewat riset berkepanjangan, cuma sedikit orang yang ketahui kalau geografi mempunyai 5 bahasan utama.

Apa saja 5 (lima) tema utama dalam ilmu geografi?

Tanpa basa- basi lagi, inilah 5 tema utama dalam geografi yang hendak menaikkan pengetahuan siswa praujian mengalami tes selanjutnya.

Posisi: tema awal dalam geografi dapat dipecah dalam 2 bagian, ialah posisi mutlak serta relatif. Posisi mutlak mengacu pada alamat tentu ataupun letak geografis bersumber pada garisintang serta garis bujur. Sedangkan ulasan menimpa posisi relatif lebih pada ikatan antara satu tempat dengan hal- hal lain di sekitarnya. Umumnya mil, km, arah mata angin, serta waktu digunakan buat mendeskripsikan suatu posisi relatif dari sesuatu tempat tertentu.

Tempat: Tema kedua dalam geografi didefinisikan selaku posisi tertentu ataupun suatu titik dalam sesuatu ruang yang ada untuk seorang. Dalam riset geografi, tempat mengacu pada manusia serta aspek raga suatu posisi. Siswa pada biasanya memandang terdapat 3 tema dalam tempat. Ialah toponym( nama tempat yang khusus). Web( deskripsi yang lebih mendalam menimpa fitur dari sesuatu tempat) serta suasana( suatu keadaan menimpa area dari sesuatu tempat). Perihal yang menarik merupakan kenyataan kalau tiap tempat geografis mempunyai ciri yang unik.

Interaksi manusia- lingkungan:  Dibanding spesies lain, keberadaan manusia mempunyai akibat sangat signifikan dalam area. Tema ketiga dalam geografi terdiri dari 3 aspek yang banyak dipelajari oleh pakar geografi. Ialah ketergantungan, menyesuaikan diri serta modifikasi. Dari ketiga aspek yang sudah disebutkan, ketergantungan mempunyai dampak sangat kurang baik untuk planet kita. Menimbulkan kepunahan hewan, global warming, serta pergantian hawa. Siswa lebih banyak menekuni menimpa gimana perilaku serta tingkah laku manusia berakibat pada area.

Gerakan: Dikenal selaku pergantian posisi ataupun posisi, gerakan merupakan tema keempat dalam geografi. Bumi dipadati dengan gerakan yang konstan serta riset geografi mengacu pada perpindahan manusia, barang- barangnya tercantum ide- idenya. Riset menimpa migrasi penduduk ataupun emigrasi dipelajari di tema ini.

Wilayah: Tema kelima dalam geografi bisa didefinisikan selaku zona yang mempunyai ciri yang sama namun tidak mempunyai batasan yang jelas semacam perbatasan. Kota, kota besar, distrik negeri serta daratan, seluruhnya bisa dipecah ke dalam suatu daerah. Siswa yang menekuni tema geografi ini belajar menimpa daerah fungsional ialah sesuatu tempat yang terkoneksi dengan baik dalam sesuatu sistem transportasi yang dibentuk dengan baik yang bisa mendistribusikan orang, benda serta ide- ide mereka di zona tersebut. Banyak kota besar semacam Tokyo serta New York mempunyai daerah suburban yang dikategorikan selaku daerah fungsional semacam ini.

Inilah, wahai engkau pakar geografi masa depan, 5 tema geografi yang bisa menolong kamu menguasai disiplin ilmu geografi secara merata.

Tipe- tipe Geografi

Pakar geografi raga menekuni suatu dalam dunia raga semacam pergantian hawa. Berarti buat melaporkan kalau geografi bukan cuma satu riset yang sangat luas. Banyak sekali jenis serta subdisiplin dalam geografi yang dapat dipelajari. Tanpa basa- basi lagi, di dasar ini terdapat tipe- tipe geografi yang dapat dipelajari untuk Kamu yang tertarik.

Geografi Manusia: Salah satu perihal yang sangat berarti dari tipe- tipe geografi merupakan geografi manusia yang mangulas menimpa data vital semacam riset tentang manusia, budaya, ekonomi, serta interaksi yang dicoba oleh manusia dengan lingkungannya. Biasa dipaparkan dalam sebutan awam selaku riset umat manusia. Sebagian perihal yang menarik dari geografi manusia tercantum di dalamnya merupakan geografi ekonomi, populasi( demografi) serta geografi kedokteran.

Geografi Fisik: Berhubungan dengan kepribadian fisik dari Bumi. Geografi raga ialah subdisiplin ilmu dari 2 disiplin ilmu besar, geografi serta ilmu bumi. Sering dirujuk selaku geosistem ataupun fisiografis, geografi fisik mempunyai banyak subdisiplin ilmu semacam sebut saja biogeografi, geografi sumber air( hidrosfer), geografi hawa( klimatologi), serta geomorfologi

Geografi Lingkungan: Walaupun tidak selengkap geografi manusia ataupun geografi fisik, geografi lingkungan jadi berarti di masa modern dikala ini, mengingat cabang ilmu geografi ini membahas menimpa riset aspek keruangan antara manusia dengan lingkungannya. Jadi berarti buat mencari pemecahan yang bisa menolong pemulihan planet bumi yang tengah sakit. Sebagian subdisiplin ilmu dari geografi lingkungan di antara lain bahaya area serta kebijakan ekologi.

Kartografi: Suatu riset serta aplikasi menimpa pemetaan serta pembuatan peta, kartografi telah diawali semenjak berabad- abad dulu sekali. Kartografer ternama di antara lain Ptolemy, Angkatan laut(AL) Idrisi serta Henry Pelham. Kala menekuni ilmu kartografi, seseorang siswa hendak menciptakan kalau peta yang didesain dengan baik itu wajib gampang digunakan, jelas, serta menampilkan akurasi antara objek dengan peta.

Geografi merupakan subjek akademis yang menarik serta berlapis yang pantas dipertimbangkan dengan teliti. Memilah geografi buat jurusan kuliah kalian ialah opsi yang fantastis.

Fakta- fakta Geografi

Afrika merupakan negeri dengan keelokan yang luar biasa secara geografis lebih unik dari daratan lain Tiap orang suka dengan fakta- fakta yang gampang diingat serta yang gampang digunakan buat mengesankan tamu pada jamuan makan malam. Sebab dunia begitu luar biasa serta unik, terdapat banyak kenyataan geografis yang berbeda di tiap daratan di dunia.

Sebab itu, tanpa basa- basi lagi kita diskusikan kenyataan yang sangat mengejutkan dari tiap daratan di dunia.

Afrika

Afrika merupakan benya terbanyak ke 2 di dunia dalam perihal luasnya. Berikut ini merupakan kenyataan mengejutkan tentang Afrika:

* Afrika salah satunya daratan yang terletak di 4 belahan bumi, belahan bumi barat, belahan bumi timur, belahan bumi utara serta belahan bumi dibagaian selatan.

* Rumah untuk sungai terbanyak ke 2 di dunia. Cekungan drainase sungai Nil mencakup 11 negara

Antartika

Antartika ialah daratan terakhir yang ditemui. Antartika menangkap rasa mau ketahui penjelajah serta pencari adrenalin dari segala dunia. Berikut 2 kenyataan geografi tentang Daratan Antartika.

* Antartika ialah daratan terdingin, sangat kering serta sangat berangin di planet. Pula mempunyai rata- rata ketinggian paling tinggi dari seluruh daratan di dunia.

* 90 persen es serta 70 persen sumber air tawar di dunia berlokasi di Antartika.

Asia

Daratan terbanyak serta sangat banyak penduduknya di planet bumi ini ialah kejutan budaya serta kejutan yang indah untuk orang barat. Berikut ini merupakan kenyataan mengejutkan serta memesona tentang geografi Daratan Asia.

* Asia ialah rumah untuk puncak paling tinggi sekalian titik terendah di planet. Gunung Everest( 8. 848 m di atas permukaan laut) serta Laut Mati( 412 m di dasar permukaan laut)

* Daratan Asia ialah rumah untuk 4. 4 miliyar penduduk. Itu lebih banyak dari jumlah seluruh penduduk di daratan lain digabungkan jadi satu. Cina serta India jadi salah satunya negeri yang penduduknya menembus hingga di atas 1 miliyar penduduk.

Eropa

Bisa jadi ialah daratan sangat dicintai, Eropa merupakan daratan yang penuh dengan sejarah, lanskap indah, serta orang- orang inspiratif. Berikut ini merupakan fakta- fakta yang menjadikan Eropa selaku daratan yang unik

* Eropa merupakan rumah untuk 2 negeri yang terletak dalam Negeri Italia. Ialah Kota Vatikan serta San Marino. Pula berarti buat menyebut kalau Vatikan ialah negeri terkecil di dunia dalam perihal luas wilayahnya.

* Lagu kebangsaan Yunani betul- betul unik sebab terdiri dari 158 tipe. Tidak hendak terdapat yang ketahui bila terdapat yang kurang ingat menyanyikan lagu ini.

Amerika Utara

Satu dari daratan yang sangat multikultural. Menyongsong imigran dari segala dunia. Amerika utara ialah daratan besar yang layak didatangi. Berikut ini merupakan fakta- fakta yang sangat menarik dari Amerika Utara.

* Setengah dari danau natural di segala dunia terletak di Kanada serta 9% daerah Kanada diselimuti air

* Tidak satu juga tempat di Amerika Tengah yang berjarak lebih dari 201 km, baik dari Samudera Atlantik serta Pasifik.

Oceania

Oceania terdiri dari Australasia, Melanisea, Micronesia serta Polynesia: populer dengan pantai- pantai surgawi serta pulau- pulau kecil, Oceania ialah mimpi yang terwujud untuk banyak orang. Berikut ini merupakan fakta- fakta menarik dari Oceania

* Jumlah penduduk yang hidup di Australia lebih sedikit dari pada jumlah populasi Texas, Amerika Serikat. Pula telah teruji bila lebih banyak domba di Oceania dari pada manusia.

* Diperkirakan terdapat lebih dari 25. 000 pulau vulkanik ataupun tropis di tersebar di segala Oceania.

Amerika Selatan

Bermacam- macam lanskap, budaya yang mengasyikkan serta kecantikan yang mencengangkan membuat ekspedisi mengarah Amerika Selatan jadi candu untuk banyak orang. Berikut sebagian kenyataan menarik menimpa Amerika Selatan.

* Amerika Selatan ialah rumah untuk 2 negeri terbanyak di dunia, Brazil serta Argentina. Luas daerah Brazil mencakup nyaris setengah daratan Amerika selatan. Argentina ialah negeri dengan penutur bahasa paling banyak di dunia.

* Gurun San Altacama di Chili merupakan tempat sangat kering di dunia, bersumber pada statsiun cuaca sebagian zona tidak sempat menerima curahan hujan.

Menciptakan kepribadian unik dari segala dunia ialah salah satu kebahagian terbanyak dalam menekuni Geografi. Menyadari betapa indahnya planet kita jadi dorongan untuk banyak orang buat tingkatkan pemahaman tentang isu kehancuran area. Kita wajib menyelamatkan salah satunya bumi yang kita miliki.

Glosarium Geografi

Konservasi, salah satu kata dari glosarium geografi yang mempunyai makna membiarkan hal- hal natural senantiasa apa terdapatnya. Sebab Geografi ialah disiplin ilmu dengan banyak terminologi, glosarium jadi perihal mendasar yang dapat membantu pelajar mengoreksi pengetahuan bawah mereka tentang geografi


Apa Itu Glosarium?

Glosarium merupakan kata yang disusun secara alfabetik, berbentuk sebutan serta definisi menimpa subjek akademik.

Glosarium Pendek Geografi dari A ke Z

Kepulauan: sekumpulan pulau semacam Galapagos ataupun Hawaii

Ekosistem: Kumpulan dari organisme yang membentuk komunitas serta silih berhubungan dengan lingkungannya serta berkolaborasi selaku satu sistem yang utuh.

Garis Bujur: Dikenal selaku garis imajiner yang digunakan buat memastikan kordinat pas yang membagi belahan bumi jadi bagian barat serta timur.

Garis Lintang: Dikenal selaku garis imajiner vertikal yang digunakan buat memastikan kordinat utara serta selatan di bumi.

Global Warming: Kenaikan secara bertahap temperatur bumi yang sudah didiskusikan oleh banyak pakar area di masa saat ini. Dampak rumah cermin ialah pemicu global warming.

Hawa Perkotaan: Keadaan hawa kota metropolitan yang berbeda dari hawa di kawasan rural ataupun pinggiran.

Jurang: lebih curam dari canyon serta ialah produk dari erosi aliran sungai yang tajam. Jurang ini umumnya sangat tajam serta lumayan dalam.

Konservasi: Kegiatan buat mempertahankan lanskap alam serta buatan manusia senantiasa apa terdapatnya serta tanpa mengganti apapun.

Sabana: Padang rumput tropis dengan tumbuhan yang tersebar meluas. Biasanya terletak di daratan Afrika.

Toxic Waste( Limbah Buangan): modul sisa yang tersusun dari bahan kimia yang bisa menimbulkan permasalahan kesehatan sungguh- sungguh ataupun kematian bila termakan ataupun terhirup manusia.

Apa yang sudah disebutkan tadinya ini cuma sebagian kecil dari sebutan geografi yang tercakup.

Tokoh Geografer

Sejarah dipadati oleh banyak pakar geografi yang penemuannya sudah menaikkan pengetahuan kita menimpa manusia, raga, serta area geografi.

Berikut merupakan pakar geografi yang populer dengan sedikit penemuannya.

Alexander von Humboldt

Diketahui luas sebab observasi di Daratan Amerika pada tahun. Observasi Humboldt menimpa negeri yang saat ini diketahui selaku Kuba, Vemezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, serta Meksiko menarangkan beberapa kenyataan yang belum dikenal. Informasi geografi serta hayati yang dikumpulkan Humboldt sudah dicatat sepanjang bertahun- tahun serta kesimpulannya diterbitkan dari tahun 1845 hingga tahun 1862 dalam 5 volume novel yang bertajuk Kosmos.

Ellen Churchill Semple

Pakar geografi wanita yang populer serta ikon feminis ini diketahui selaku wanita awal yang jadi presiden dari Asosiasi Pakar Geografi Amerika pada tahun 1921. Ia pula diketahui sebab teorinya yang mengundang polemik," determinasi area", suatu riset tentang bagimana area raga pengaruhi warga sampai pembangunan tertentu.

Ptolemy

Diketahui di bidang geografi sebab tulisannya yang bertajuk Geografi, suatu novel yang berisi  kumpulan koordinat geografis yang belum dikenal pada masa tulisan ini terbuat, ialah Kekaisaran Romawi.  Dalam tulisannya, dia mangulas sulitnya melaksanakan pemetaan serta proyek peta masa depan yang dia miliki.  Banyak orang menganggapnya selaku pelopor geografer sejati. Karya Ptolemeus sudah bertahan sepanjang berabad- abad.

Menekuni subjek akademik apapun buat tes bisa jadi susah untuk sebagian orang. Tetapi dengan data yang sangat bermanfaat, serta perlengkapan bantu belajar yang berarti, kesuksesan bukan perihal yang mustahil.

Untuk pendatang baru, janganlah khawatir dengan tes geografi. Kebalikannya, fokus saja pada, gimana geografi mempunyai subjek yang bermacam- macam buat tingkatkan uraian menimpa budaya, hawa, serta negara- negara di dunia kita. Kamu hendak hadapi ekspedisi waktu yang luar biasa di segala dunia, apalagi tanpa wajib meninggalkan negeri ini. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url