Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Skripsi, Internet, dan Artikel Lengkap Dengan Contoh Barong Trans

Pernahkah Anda mendengar kata plagiarisme? Situasi ini dapat terjadi karena Anda tidak mencantumkan sumber materi yang dibuat oleh penulis. Bahkan di dunia sekolah, ini bisa terjadi jika Anda tidak menghargai referensi dari bahan yang ditulis dengan baik. Kedengarannya mudah, tetapi pada kenyataannya, banyak yang kesulitan menerapkan bibliografi yang benar di akhir artikel. Tanda baca dan ketertiban saat menulis menjadi kendala yang membuat seseorang malas untuk mencantumkan sumber referensi yang berbeda dengan yang ditulisnya.  Untuk menghindari plagiarisme dan untuk dapat menulis dengan benar, ada panduan bibliografi lengkap untuk jenis sumber yang digunakan di sini.

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

yang perlu diperhatikan saat menulis referensi dari sumber. Namun, yang paling penting adalah memperhatikan urutan dan tanda baca. Ini adalah urutan referensi dalam buku.

Nama

Nama penulis ditulis terlebih dahulu. Ingatlah untuk selalu menulis nama belakang penulis terlebih dahulu, diikuti dengan koma (,) yang berisi nama belakang dan tengah penulis. Jika buku adalah karya lebih dari satu penulis, hanya penulis pertama yang akan didiskualifikasi. Urutan nama asli yang mengikuti, seperti penulis kedua. Jika nama penulis dicantumkan dalam buku ijazah atau gelar lain, maka gelar tersebut tidak perlu dicantumkan.

Tahun Terbit


Setelah nama, sertakan tahun penerbitan buku yang Anda gunakan sebagai referensi. Jangan terkecoh dengan tahun cetakan aslinya, karena buku yang Anda gunakan mungkin cetakan kedua, ketiga, atau terakhir.

Judul Buku


Tuliskan judul bukumu secara lengkap. Jangan lupa, penulisan judul dibuat dengan italic (miring).

Kota dan Nama Penerbit


Bagian terakhir dari daftar pustaka buku harus mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Masukkan nama kota terlebih dahulu, lalu nama stasiun dipisahkan dengan titik dua (:). 
 
 Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penanda batas untuk setiap barisan. Pastikan untuk menggunakan titik (.) Untuk membatasi urutan nama, tahun penerbitan, judul, kota, dan nama penerbit.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku:
Judul     : Cara Tenang Volume 4
Penulis                 : Dr. Cahyo U. Kriting
Penerbit              : Indonesia Publishing House
Kota Penerbit    : Surakarta
Tahun Terbit      : 2001

Cara Penulisan:
Kriting, Cahyo U. 2001. Cara Tenang Volume 4. Surakarta: Indonesia Publishing House.

Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah


Bagian terakhir dari daftar pustaka buku harus mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Masukkan nama kota terlebih dahulu, lalu nama penerbit dipisahkan dengan titik dua (:). 
 
 Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penanda batas untuk setiap barisan. Pastikan menggunakan tanda titik (.) Untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul, kota, dan nama penerbit. Tidak jauh berbeda dengan menulis sumber buku, tetapi juga harus mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, kota, dan nama penerbit. Namun, ada perbedaan ejaan dalam beberapa urutan ini, sebagai berikut:

Nama


Pastikan nama yang teman-teman tulis dalam daftar pustaka artikel tersebut adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, ataupun majalah yang menjadi sumber referensi.

Judul


Utamakan penulisan judul artikel, untuk tujuan referensi saja. Penulisan tidak miring dan tegak lurus dengan tanda kutip awal dan akhir ("). Kemudian lanjutkan dengan menulis sumber surat kabar atau majalah dengan artikel tersebut. Ketik nama surat kabar, majalah, atau surat kabar baru dengan huruf miring. Harap tunjukkan halaman tempat artikel diterbitkan dalam tanda kurung [(…)].

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal


Data Artikel:
Judul Jurnal        : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1
Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang
Penulis                 : Umar Solikhan
Penerbit              : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kota Terbit          : Pangkalpinang
Tahun Terbit      : 2013

Cara Penulisan:
Solikhan, Umar. 2013. “Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang” dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet


Utamakan penulisan judul artikel, untuk tujuan referensi saja. Penulisan tidak miring dan tegak lurus dengan tanda kutip awal dan akhir ("). Kemudian lanjutkan dengan menulis sumber surat kabar atau majalah dengan artikel tersebut. Ketik nama surat kabar, majalah, atau surat kabar baru dengan huruf miring. Harap tunjukkan halaman tempat artikel diterbitkan dalam tanda kurung [(…)].

Nama


Cara penulisan nama untuk artikel daring tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak.

Tahun Penayangan


Tuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

Judul


Judul artikel daring tidak ditulis secara italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (“).

URL


Jangan lupa menyalin alamat URL dari artikel tersebut agar dapat diakses jika ada yang ingin membuktikan kesahihannya.

Waktu Pengambilan


Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan durasi lengkap pengunggahan artikel, yaitu tanggal dan waktu pengunggahan atau referensi. 
 
 Selain urutan, masalah penilaian bibliografi untuk artikel Internet/online sedikit berbeda dengan masalah penulisan dari sumber cetak. Durasi (.) Batasan yang hanya berlaku pada akhir nama penulis dan tahun terbit. Di sisi lain, header URL dan pembatasan URL saat mengambil data berupa koma (,).

Contoh Daftar Pustaka dari Internet (Artikel Daring)

Data Artikel:
Judul                     : Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?
Penulis                 : Jeko Iqbal Reza
Tanggal Tayang : 29 Agustus 2015
Waktu Akses      : 10 Februari 2016, pukul 10.27
URL                        : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

Cara Penulisan:
Reza, Jeko Iqbal. 2015. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.

Sumber : smkn1perhentianraja[dot]sch[dot]id
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url