Penjelasan Mengenai Profesi Wartawan

Sebagai seseorang yang sering membaca koran cetak atau digital di media massa, kalian pasti tidak asing dengan siapa itu wartawan, akan tetapi bagaimana pekerjaan wartawan itu, mari simak penjelasan berikut ini :

Apa itu Wartawan

Wartawan adalah seorang yang pekerjaannya mengumpulkan berita, mencari berita, dan membuat berita, juga menyediakan berita kepada masyarakat luas dengan menyalurkan ke media massa atau media cetak, karena disebut wartawan ialah repoter, editor, juru kamera berita, juru foto berita, redaktur dan editor audio visual.

Keterampilan dan Pengetahuan Warta

  • Writing serta Edting Scripts, wartawan wajib sanggup menulis serta mengedit sesuatu naskah pemberitaan.
  • Project Managemet, wartawan wajib sanggup mengendalikan redaksi pers, semacam agenda liputan serta lain- lain
  • Blogging, wartawan wajib memahami metode blogging, karena untuk jurnalis online metode blogging salah satu perihal yang sangat berarti.
  • User interface design ataupun photo shooting, Kemampuan teknologi sangat berarti untuk jurnalis. Semacam sanggup mendesain serta memproduksi gambar serta foto buat beritanya.
  • Video Production, wartawan juga butuh memahami penciptaan video
  • Staff Organization ataupun Adiministration Kesekretariatan
  • Story Combaining Sanggup meringkas naskah cerita, kabar serta lain- lain
  • Reporting and Writing Original Story, Karya jurnalistik seseorang wartawan wajib asli tidak boleh melaksanakan plagiat.
  • Photo ataupun Image Editing, wartawan butuh memahami metode pengeditan gambar serta foto. 

Tanggung Jawab Wartawan 

  • Authenticator– Warga memerlukan wartawan yang bisa mengecek keauntentikan sesuatu kabar ataupun data.
  • Sense Maker– Sanggup menerangkan apakah data yang didapat masuk ide ataupun tidak.
  • Investigator– Wartawan wajib terus mengawasi kekuasan serta memecahkan kejahatan
  • Withness Bearer– Wartawan wajib mempelajari serta memantau kejadian- kejadian tertentu serta bisa bekerja sama dengan reporter.
  • Empowerer– Silih melaksanakan pemberdayaan antara wartawan serta masyarakat buat menciptakan obrolan yang terus menerus pada keduanya.
  • Smart Aggregator– Seseorang wartawan wajib pintar berbagi sumber kabar yang bisa dihandalkan, laporan yang mencerahkan bukan cuma hasil karya wartawan itu sendiri.
  • Organizer ataupun organisasi kabar, baik yang telah lama ataupun baru.
  • Role Model– Tidak cuma berkarya serta menciptakan karya, namun pula dalam bertingkah laku wartawan masuk dalam ranah publik yang wajib dapat dijadikan contoh. 

Tugas Seorang Wartawan 

Tugas dari seseorang wartawan yakni reporting. Reporting yakni wujud pelaporan yang membutuhkan keahlian buat memberi tahu serta menulis tentang bermacam topik. Wartawan melaksanakan pelaporan dalam bermacam outlet kabar, semacam surata berita, stasiun tv kabar serta stasiun radio kabar, dimana tugasnya mengumpulkan kabar. 

Cara Menjadi Wartawan

Bersumber pada UU Nomor. 40 Tahun 1999: Wartawan merupakan orang yang tertib melakukan aktivitas jurnalistik( Pasal 1 ayat 4).

Berikut ini sebagian langkah awal mulanya untukmu yang mau jadi seseorang Wartawan:

Pembelajaran Strata 1

Pembelajaran Strata 1 Jurnalistik selaku langkah dini buat jadi seseorang Wartawan, jurusan lain yang dapat kalian ambil antara lain Ilmu Komunikasi, Broadcasting, Sastra Indonesia. Pembelajaran strata satu Ilmu Jurnalistik hendak menekuni Broadcasting, Pengantar Ilmu Jurnalistik, Komunikasi Grafis, Jurnalistik Gambar, Jurnalistik Radio, Jurnalistik Tv, Psikologi Komunikasi, Jurnalisme Sastra, Komunikasi Politik, Jurnalistik Online, Metode Wawancara, serta lain- lain pula hendak menghabiskan waktu sepanjang 4 tahun.

2. UKW– Uji Kompetensi Wartawan

Dewan Pers sudah mencanangkan kenaikan kompetensi wartawan lewat Uji Kompetensi Wartawan( UKW) ataupun pengakuan berupa sertifikat buat diri serta Media massa selaku ciri kalau seorang sanggup melaksanakan tugas- tugas di dunia jurnalistik. Seseorang wartawan harus mempunyai sertifikat Wartawan buat mengalami pertumbuhan era serta tuntutan warga terhadap mutu jurnalistik serta industri media massa. Dengan sertifikat ini, diharapkan para wartawan dalam melaksanakan tugasnya bisa menampilkan kinerjanya secara professional. Tingkatan dalam Uji Kompetensi Wartawan antara lain Tingkat Muda, Tingkat Madya serta Tingkat Utama. 

Kesimpulan

Itu dia penjelasan pekerjaan wartawan yaitu seorang yang pekerjaannya mengumpulkan berita, mencari berita, dan membuat berita, juga menyediakan berita kepada masyarakat luas dengan menyalurkan ke media massa, tanggung jawab sebagai wartawan sangat besar, hal itu harus diimbangi dengan skill yang mumpuni. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url