Menyelisik Secara Mendalam 7 Benua yang Ada di Dunia yang Harus Kamu Tau ini

7 Daratan di Dunia - Daratan ialah dataran luas dan dikelilingi lautan serta posisinya terletak di bumi. Bumi pada masa saat ini mempunyai 7 daratan yang mempunyai karakteristiknya tiap- tiap. Tiap daratan tersebut pula mempunyai sebagian negeri di dalamnya.

Daratan dalam KBBI merupakan bagian bumi berbentuk tanah ataupun daratan yang sangat luas yang menyebabkan bagian tengah daratan tidak terbawa- bawa pada angin laut. Sebagian daratan yang terdapat di bumi ialah, Daratan Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, serta Australia.

Born to Travel merupakan novel karya bersama yang ditorehkan oleh beberapa pejalan yang setuju berpikiran kalau ruang kecil bernama“ dunia kerja” tidak berhak menghalangi hasrat buat menjelajahi tiap sudut kolong langit. Born to Travel hendak mengajak pembaca mendatangi sebelas negeri lewat sebelas ekspedisi yang luar biasa.

Benua- benua tersebut mempunyai luasnya tiap- tiap. Dalam postingan ini hendak dipaparkan benua- benua mulai dari yang mempunyai luas terbanyak sampai terkecil. Buat ketahui lebih lanjut menimpa 7 daratan terbanyak di dunia, ayo ikuti pembahasan berikut.

1. Daratan Asia

Daratan Asia ialah daratan yang terbanyak di dunia. Luas daratannya menggapai 44. 579. 000 km persegi ataupun dekat 29, 5% dari luas bumi. Sebab daratan ini sangat luas, daratan ini mempunyai penduduk dekat 4. 164. 252. 000 jiwa ataupun dekat 60% dari total populasi manusia di bumi dan ada 45 negeri di dalam Daratan Asia.

Sebagian pakar sejarah berkata kalau Daratan Asia diketahui selaku daratan“ Timur”. Daratan Asia namanya diambil dari bahasa Fenisia/ Suria/ Yunani Kuno yang maksudnya timur. Perihal ini disebabkan Daratan Asia terletak di sebelah timur dari kerajaan Yunani. Daratan Asia pula dipecah jadi sebagian daerah yang meliputi, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat, Asia Tenggara, serta Asia Selatan.

Bila dilihat secara astronomis, Daratan Asia terletak di antara 26 derajat Bujur Timur– 170 derajat Bujur Timur serta 11 derajat Lintang Selatan– 80 derajat Lintang Selatan. Sebaliknya dari letak geografisnya Daratan Asia terletak di antara 3 daratan, ialah Daratan Eropa. Daratan Australia, serta Daratan Amerika. Tidak hanya itu letak geografisnya, daratan ini pula terletak di antara sebagian samudera yang mengelilinginya, ialah Samudra Hindia, Samudra Atlantik, serta Samudra Arktik.

Daratan Asia mempunyai sebagian kepribadian. Pastinya berbeda dengan benua- benua lain. Kepribadian Daratan Asia meliputi.

  • Daratan dengan penghasil minyak bumi terbanyak, ialah di negeri Arab Saudi;
  • Daratan yang mempunyai luas laut terbanyak ialah, Laut Tiongkok Selatan;
  • Daratan Asia ialah tempat lahirnya sebagian agama semacam, agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, serta Kong Hu Chu;
  • Banyak ada bangunan yang masuk ke dalam 7 keajaiban dunia yang meliputi, Tembok Raksasa di Cina, Candi Borobudur di Indonesia, Ka’ bah di Saudi Arabia, serta Taj Mahal di India.
  • Ada sebagian pegunungan paling tinggi di dunia yang meliputi, Pengunungan Himalaya, Gunung Everest, serta dataran besar Tibet. Puncak paling tinggi terletak di Gunung Everest yang mempunyai ketinggian dekat 8. 848 m di atas permukaan laut.
  • Ada sebagian negeri yang mempunyai jumlah penduduk yang besar semacam, Jepang, India, Indonesia, Cina, Pakistan, serta Bangladesh.

2. Daratan Afrika

Daratan Afrika ialah daratan kedua terbanyak di dunia. Daratan ini mempunyai luas dekat 30. 370. 000 km persegi ataupun dekat 20, 4% dari luas bumi. Daratan ini mempunyai populasi penduduk dengan jumlah 1, 020. 201. 229 jiwa di mana tercantum 15% dari populasi manusia di bumi.

Daratan ini membentang 8. 000 km dari utara ke selatan serta 7. 400 km dari timur ke barat. Titik utara yang terdapat di Daratan Afrika terletak di kota Al- Ghiran, Tunisia. Kemudian titik yang sangat selatan terletak di kota Tanjung Agulhas Gwardafuy, Somalia. Setelah itu titik sangat barat terletak di kota Almadi Point, Tanjung Verde, Senegal.

Daratan Afrika bisa dikatakan selaku daratan“ Bunda”. Perihal ini disebabkan Afrika jadi daratan tertua yang sudah ditempati. Nenek moyang dari manusia sudah hidup di Afrika sepanjang 5. 000. 000 tahun yang kemudian.

Dilihat dari garis astronomisnya, letak dari Daratan Afrika terletak di 37 derajat Lintang Utara– 34 derajat Lintang Selatan serta 17 derajat Bujur Barat– 51 derajat Bujur Timur.


Sebagian negeri yang terdapat di Afrika dilewati oleh meridian utama yang sudah digunakan secara internasional, ialah garis bujur Greenwich yang berawal dari Kutub Utara yang melewati Kota Greenwich, Inggris.

Daratan Afrika pula mempunyai karakteristiknya tertentu. Berikut merupakan ciri yang butuh dikenal.

  • Daratan yang diketahui selaku Daratan“ Gelap” sebab kebanyakan penduduk di Daratan Afrika mempunyai kulit bercorak gelap.
  • Mempunyai gurun terluas di dunia, ialah Gurun Sahara yang mempunyai lua 8. 400. 000 km persegi. Gurun ini membentang dari barat ialah Senegal ke sebelah timur ialah Kenya.
  • Mempunyai sungai terpanjang di dunia, ialah Sungai Nil yang mempunyai panjang 6. 690 km.
  • Ada banyak piramida yang ialah makam dari raja- raja Mesir. Piramida tersebut pula tercantum ke dalam keajaiban dunia.

3. Daratan Amerika Utara

Daratan Amerika Utara ialah salah satu bagian dari Daratan Amerika, tetapi daratan ini terpecah jadi 2 bagian. Daratan ini mempunyai luas dekat 24. 490. 000 km persegi. Populasi manusia pada daratan ini pula mempunyai jumlah sebanyak 542. 056. 000 jiwa di mana cuma 16, 5% dari totalitas populasi manusia di bumi. Ada sebanyak 23 negeri yang tercantum ke dalam daerah Daratan Amerika Utara.

Daratan ini ialah daratan terbanyak di dunia pada urutan ketiga sehabis Daratan Asia serta Afrika. Tidak hanya itu, daratan ini menduduki urutan keempat dengan jumlah populasi paling banyak sehabis Daratan Asia, Afrika, serta Eropa.

Sebagian orang Eropa berkata kalau Amerika Utara serta Amerika Selatan dijuluki selaku Amerigo Vespucci yang maksudnya tidak sama dengan Hindia Timur. Perihal tersebut dikatakan oleh orang Eropa awal yang menciptakan Daratan Amerika.

Daratan Amerika Utara mempunyai ikatan tanah dengan tanah genting Panama. Ikatan ini cuma bersumber pada geopolitik, zona segala Panama tercantum bagian timur terusan Panama sudah dikira selaku bagian dari Amerika Utara pula. Tetapi, sebagian ahli berkata kalau tanah dari Amerika Utara tidak berawal dari tanah genting Panama, namun di tanah genting Tehuantepec dengan wilayah yang membatasi hingga dikira selaku Amerika Tengah yang bersandar pada lempengan Karibia.

Banyak orang yang menyangka wilayah Amerika Tengah selaku Amerika Utara sebab daerah tersebut sangat kecil buat jadi daratan sendiri. Sebaliknya Greenland yang ialah bagian dari Amerika Utara, apalagi secara geografis serta lempeng tektoniknya sama tidak dikira selaku bagian dari daerah Amerika Utara secara politis.

4. Daratan Amerika Selatan

Daratan Amerika Selatan ialah daratan terbanyak di dunia yang masuk pada urutan keempat. Daratan ini mempunyai luas daratan dekat 17. 840. 000 km persegi. Populasi manusia dalam daratan tersebut sebanyak 392. 555. 000 jiwa ataupun dekat 6% dari jumlah penduduk di dunia. Daratan ini pula mempunyai sebagian negeri di dalamnya, ialah dekat 12 negeri saja.

Secara geografis daratan ini terletak di antara Samudra Pasifik serta Samudra Atlantik yang menyambung dari Amerika Utara lewat Tanah Genting Panama. Daratan ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, serta sebagian daratannya ialah bagian bumi bagian selatan. Oleh sebab itu hawa yang terdapat di daratan ini cenderung hawa tropis serta subtropis.

Pada bagian barat daratan ini ialah pegunungan Andes yang berdiri dari utara sampai selatan. Sebaliknya pada bagian timurnya merupakan dataran rendah serta sebagian besar ialah basin Sungai Amazon dengan hutan tropis yang sangat rimbun.

Amerika Selatan ini diprediksi sudah didiami oleh manusia pada awal kali berasal dari imigrasi rakyat Asia yang melewati Tanah Genting Bering yang saat ini bernama Selat Bering, mereka mengarah ke Amerika Utara serta Selatan. Dugaan lain merupakan lewat bagian selatan dari Samudra Pasifik serta Kepulauan Oseania.

Di dalam novel ini ada 10 cerita memiliki tentang ekspedisi para penjelajah dunia yang menciptakan daratan baru, didukung gambar asli serta ilustrasi 3 ukuran.

5. Daratan Antartika

Daratan Antartika ialah daratan terbanyak yang menempati urutan kelima. Daratan ini mempunyai luas daratan dekat 13. 720. 000 km persegi. Populasi penduduk yang terdapat di daratan ini cuma dekat 4. 490 jiwa saja. Jumlah populasi penduduk di daratan ini ialah jumlah sangat sedikit dari daratan yang lain. Apalagi tidak terdapat satu juga negeri yang terdapat di daratan ini, cuma benuanya saja.

Semenjak Daratan Antartika ditemui pada tahun 1820, daratan ini ialah daratan yang sama sekali tidak mempunyai penduduk asli. Sebab tidak mempunyai penduduk asli, sebagian negeri juga mengklaim kalau Antartika ialah bagian dari daerah mereka.

Tetapi seluruh itu telah diatasi dengan terdapatnya Perjanjian Antartika pada tahun 1959 yang ditandatangani oleh 12 negeri. Kesepakatannya merupakan daratan ini dijadikan selaku perdamaian serta riset ilmu pengetahuan. Semenjak dikala itu, menyusul 41 negeri yang lain turut menandatangani perjanjian tersebut.

  • Tidak hanya itu terdapat sebagian faktu unik yang dipunyai oleh daratan ini. Berikut merupakan sebagian kenyataan unik dari Daratan Antartika.
  • Tidak terdapatnya zona waktu di Antartika. Di Kutub Selatan mempunyai zona waktu yang sangat berbeda dari belahan bumi lain, seluruh titik berjumpa jadi satu. Apalagi para ilmuwan yang bekerja memakai zona waktu pada negaranya tiap- tiap.
  • Semenanjung Antartika ialah salah satu wilayah yang gampang panas di bumi. Dalam waktu 50 tahun, temperatur rata- rata yang terdapat di Semenanjung Antartika naik 3 derajat celcius, ataupun 5 kali lipat daripada kenaikan temperatur di belahan bumi yang lain.
  • Sebanyak 60%– 90% air tawar yang terdapat di bumi seluruhnya mengeras di Daratan Antartika. Susunan es yang dipunyai Antartika merupakan susunan es terbanyak di bumi. Bila seluruh es tersebut mencair hingga bisa diperkirakan lautan yang terdapat di bumi hendak naik hingga 60 m.
  • Antartika sesungguhnya merupakan gurun. Gurun tidak wajib panas, melainkan tidak memperoleh curah hujan tahunan. Pada daratan ini cuma memperoleh curah hujan tahunan yang terjalin sepanjang 30 tahun dengan rata- rata 10 mm saja. Oleh sebab itu, Antartika diucap selaku gurun kutub.

6. Daratan Eropa

Daratan Eropa ialah daratan terbanyak di dunia pada urutan keenam. Daratan ini mempunyai luas daratan dekat 10. 180. 000 km persegi. Daratan ini mempunyai populasi penduduk berjumlah 738. 199. 000 jiwa, yang maksudnya 11% dari segala populasi penduduk di dunia. Jumlah negeri yang terdapat di daratan ini terdapat 45 negeri.

Secara astronomis, daratan ini terletak di 36 derajat Lintang Utara– 71 derajat Lintang Selatan serta 9 derajat Bujur Barat– 66 derajat Bujur Timur. Daratan ini membujur dari bagian barat ke timur sepanjang 5. 300 km serta melintang sepanjang 3. 950 km.

Daratan ini kerap dijuluki selaku daratan“ Biru” serta“ Putih”, perihal ini disebabkan penduduknya kebanyakan mempunyai mata biru serta mempunyai kulit putih. Di dalam peta geografis pula disebutkan kalau terdapat sebagian negeri di Eropa yang menyatu dengan sebagian negeri di Asia, perihal tersebut diucap dengan Eurasia.

Flora serta fauna yang terdapat di Daratan Eropa sangat dipengaruhi oleh keberadaan manusia. Warga bersama flora serta fauna sudah hidup berdampingan sepanjang ribuan tahun dari masa bercocok tanam. Kecuali pada wilayah Skandinavia serta Rusia yang ialah hutan lindung, daerahnya sama sekali belum terjamah oleh manusia.

Hutan di Eropa dahulu sangat banyak, ialah dekat 80%– 90% zona di Eropa ialah hutan. Hutan ini menyebar dari Laut Mediterania sampai Samudra Arktik. Walaupun awal mulanya banyak, tetapi lambat- laun telah lenyap setengahnya dari era kolonial yang sudah terjalin sepanjang berabad- abad. Pada dikala ini Daratan Eropa cuma mempunyai seperempat dari hutan dunia, ialah Hutan Skandinavia, hutan pinus di Rusia, hutan hujan di Chestnut Kaukasus, serta Hutan Oak Cork di Mediterania.

Penebangan hutan yang terjalin di Eropa telah dihentikan, kemudian dicoba reboisasi secara merata. Di Daratan Eropa negeri yang mempunyai hutan sangat sedikit merupakan negeri Irlandia dengan hutan sebanyak 8%, kemudian hutan terluas terdapat di negeri Finlandia dengan luas daerah menggapai 72%.

7.Daratan Australia

Daratan Australia ialah daratan terbanyak pada urutan ketujuh. Daratan ini mempunyai luas dekat 9. 008. 500 km persegi. populasi penduduk yang terdapat di daratan ini menggapai 29. 127. 000 jiwa, ataupun dekat 0, 4% dari populasi totalitas yang terdapat di dunia. Negeri yang terdapat di daratan ini berjumlah 14 negeri.

Secara astronomis, daratan ini terletak pada 113 derajat Bujur Timur– 115 derajat Bujur Timur serta 10 derajat Lintang Selatan– 43 derajat Lintang Selatan. Sebaliknya secara geografis, daratan ini terletak di bagian selatan dari daerah Indonesia. Daratan ini juga menyendiri di bagian belahan bumi selatan. Topografi yang dipunyai pula rata daripada daratan lain.

Daratan Australi populer dengan luasnya gurun yang dimilikinya. Apalagi, sepertiga dari zona daratan ini ialah gurun. Yang ialah salah satu aspek kenapa banyak gurun di daratan ini merupakan sebab letak daratan ini terletak pada zona turunnya massa hawa. Dalam astronomi terletak pada 30 derajat Lintang Utara serta 30 derajat Lintang Selatan.

Kemudian daratan ini mempunyai dataran di sebalah barat yang tercipta sebab sesar batuan yang terdapat di dekat barat daratan. Setelah itu, terdapat pula dataran besar tepi laut timur yang membuat zona di dekat tepi laut jadi lebih kecil. Berikutnya, di sebelah timur daratan, tepatnya di Queensland mempunyai kawasan dengan terumbu karang yang besar serta pula luas. Terumbu karang tersebut ialah terumbu karang terbanyak serta terluas serta dijuluki dengan Great Barrier Reaf.

Grameds, demikianlah pemaparan postingan menimpa 7 daratan terbanyak di dunia. Pastinya kalian pula tidak asing dengan nama- nama daratan yang sudah disebutkan. Dengan terdapatnya postingan ini, mudah- mudahan kalian memperoleh ilmu yang tadinya kalian miliki.

Bila kalian mau menekuni lebih lanjut menimpa ciri pada tiap- tiap daratan, kalian dapat membeli serta membaca novel dari Gramedia. Gramedia selaku#SahabatTanpaBatas sediakan buku- buku bermutu buat menaikkan pengetahuanmu. Ayo Grameds, beli bukunya saat ini pula!

Novel terkini ini mengenalkan kamu pada bidang geografi, mulai dari bebatuan serta pembentukannya; sistem tata surya; cuaca serta hawa; samudra; sampai kependudukan manuasia, populasi terbaru, berbagai- macam ekosistem serta keprihatinan area. Novel ini pula berisi gambar yang menawan dari alam, diagram yang perinci menimpa proses geografi serta geologi, serta catatan tentang penduduk serta anak masing- masing benua

ePerpus merupakan layanan bibliotek digital masa saat ini yang mengusung konsep B2B. Kami muncul buat mempermudah dalam mengelola bibliotek digital Kamu. Klien B2B Bibliotek digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, hingga tempat ibadah.

  • Custom log
  • Akses ke ribuan novel dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses serta mengendalikan bibliotek Anda
  • Ada dalam platform Android serta IOS
  • Ada fitur admin dashboard buat memandang laporan analisis

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url