Penjelasan Fixwing Single Rotor dan Multi Rotor

Pertumbuhan teknologi di masa modern saat ini sudah membagikan banyak keuntungan dalam seluruh kebutuhan ataupun keperluan manusia, baik dalam bidang data, komunikasi, transpotasi serta bidang- bidang yang lain. Bermacam tipe teknologi serta perlengkapan diciptakan buat menolong pekerjaan manusia supaya lebih efisien, kilat serta gampang.

Apa itu Fixwing, Single Rotor dan Multi Rotor?

UAV mempunyai 3 tipe ialah fixwing, single rotor serta multi rotor semacam diarahkan pada Fixwing digunakan pada proses pemetaan, buat pengambilan video udara pada awal mulanya digunakan single rotor yang kerap diucap dengan helicam serta memiliki efek yang sangat besar pada crash serta wajib mempunyai kemampuan yang besar pada pilot pengendali helicam tersebut, multi rotor ialah salah satu wahana yang dapat digunakan buat pengambilan video hawa dengan gampang serta sangat nyaman.

Multi Rotor

Multi rotor ialah pesawat tanpa awak yang mempunyai lebih dari 1 motor selaku mekanis angkat dari flying platform serta baling- baling di masing- masing ujung- ujung kerangka utama. Bagian tengah digunakan buat peletakan sumber energi( baterai), sistem kontrol, serta sensor dari multikopter. Sistem kontrol tersebut digunakan buat mengendalikan kecepatan dari masing- masing motor cocok dengan gerakan yang di idamkan. Contohnya merupakan gerakan moving forward yang mana multikopter terbang serta bergerak maju dengan kecepatan tertentu Pergerakan multiopter dipengaruhi oleh kecepatan putar pada tiap rotornya. 

Kecepatan putar tiap- tiap rotor dikendalikan dengan memakai control penyeimbang putaran, hingga nilai kecepatan tiap rotor bisa dipertahankan kestabilannya cocok set point nilai sehingga pergerakan movingforwardmultikopter bisa berjalan secara normal.

Keberadaan multi rotor dikala ini telah gampang diakses serta ada banyak toko yang menjual part ataupun multi rotor tersebut dalam kondisi RTF( Ready to Fly). Untuk pembuatan ataupun perakitan multi rotor dibutuhkan sebagian part utama ialah Frame, Flying Control, ESC( Electronic Speed Control), motor, propeller, kamera, baterai serta Transmiter.

Fixwing

Fixwing ialah salah satu jenis drone yang berupa pesawat tanpa awak yang dikendalikan dengan kendali remot controldengan sistem manual ataupun sistem autopilot yang tersambung pada guna mekanik dari pesawat tersebut. 

Drone tipe ini umumnya memakai style dorong yang dihasilkan dari mekanisme putar motor yang ditransmisikan secara langsung dengan baling- baling( proppeler) pada bagian depat atau bagian balik pesawat tersebut. Secara mekanik pergerakan ataupun manuver fixwing jauh berbeda dengan multirotor dimana pada fixwing mekanisme gerak ataupun manuver dikendalikan dengan servo yang tersambung pada pesawat dimana servo secara langsung mengatur Aileron, Elevator serta Rudder.

Ada 2 tipe pengendalian pada drone jenis Fixwing yang umumnya digunakan yaitu manual serta autopilot dimana manual cenderung memakai kemampuan pengendali atau pilot drone tersebut dalam menyeimbangkan tingkat dari drone tersebut. Sebaliknya pada sistem pengendalian autopilot umumnya memakai bonus fitur berbentuk Flight Control yang berperan sebangai pengatur penyeimbang terbang dari pesawat serta dapat tersambung dengan GPS buat melaksanakan misi way point selaku tata cara pengendalian pesawat secara otomatis.

Keberadaan drone jenis pesawat dikala ini sangat gampang diakses dari pemakaian spare part maupun sistem kendali yang jauh lebih gampang serta mutahir. Untuk pembuatan suatu drone jenis fixwing dengan sistem autopilot yang bisa digunakan selaku media pemetaan dengan menggunakan tata cara close range photogrametry membutuhkan komponen bawah antara lain Kit drone, Flight Control, ESC, kabel, motor, servo, trasnmitter, GPS, telemetry, baterai, kamera RGB, laptop dan alat- alat pendukung yang lain semacam timah, solder, lem, cutter, gunting serta lain lain.

Kit Drone- Kit drone ialah bagian utama yang berperan selaku kerangka pada drone yang hendak terbuat. Kit drone umumnya mempunyai sebagian tipe serta ukuran bersumber pada guna serta khasiat dari perencana pembentuk drone tersebut. Terdapat sebagian jenis kit drone dipasaran yang terbuat secara pabikan ataupun secara manual( hand made) bergantung dari selera pembentuk besesrta gunanya. Bahan utama dari kit yang digunakan umumnya memakai Sterofoam, kayu balsa, komposit ataupun plastik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url