Skill Paling Dibutuhkan Untuk Syarat Bekerja Ini Dia Cara Membuat dan Membuka Buku Kerja Mx Excel

 Daftar Isi

  • Bagaimana Cara Membuat dan Membuka Buku Kerja?
  • Buat buku kerja kosong baru
  • Buka buku kerja yang ada
  • Buka file yang ada dari penyimpanan lokal
  • Buka file yang ada dari penyimpanan cloud
  • Buka file yang ada dari file Terbaru
  • Menyematkan buku kerja
  • Modus kompatibilitas
  • Untuk mengonversi buku kerja
  • Menyimpan dan Berbagi Buku Kerja
  • Simpan dan Simpan Sebagai
  • Langkah-langkah untuk menyimpan buku kerja
  • Menggunakan Save As untuk membuat salinan
  • Pulihkan Otomatis
  • Untuk menggunakan Pulihkan Otomatis
  • Mengekspor Buku Kerja
  • Untuk mengekspor buku kerja sebagai file PDF
  • Untuk mengekspor buku kerja dalam jenis file lain

File Excel dikenal sebagai buku kerja. Setiap kali kita memulai proyek baru di Excel, kita harus membuat buku kerja baru. Ada berbagai cara untuk mulai bekerja dengan buku kerja di Excel 2016. Kita dapat memilih untuk membuat buku kerja baru, baik dengan buku kerja kosong atau template yang telah didesain sebelumnya atau membuka buku kerja yang sudah ada.

Buat buku kerja kosong baru

Untuk membuat buku kerja kosong baru di MS Excel, ikuti langkah-langkah yang diberikan -

1. Pilih tab File dari mana tampilan Excel Backstage akan muncul.

2. Pilih Baru, lalu klik Buku kerja kosong.

3. Buku kerja kosong baru akan muncul seperti ini.

Buka buku kerja yang ada

Selain membuat buku kerja baru, kita sering perlu membuka buku kerja yang sebelumnya disimpan. Buku kerja yang sudah ada mungkin berisi data di dalamnya. Kita bisa membukanya langsung dari lokasi penyimpanannya atau melalui MS Excel. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

1. Arahkan ke tampilan Backstage dari menu File, lalu klik Open.
2. Sekarang, MS Excel akan memungkinkan kita untuk membuka file yang ada baik dari komputer lokal Anda, atau penyimpanan cloud (OneDrive), File terbaru.

Buka file yang ada dari penyimpanan lokal

Untuk membuka file yang ada dari komputer lokal, klik tombol Browse di sini.

3. Kotak dialog Buka akan muncul, dan Anda akan menavigasi ke penyimpanan lokal. Temukan dan pilih buku kerja, lalu klik Buka.


Kami telah membuka buku kerja yang ada bernama Karyawan dari Desktop.

Buka file yang ada dari penyimpanan cloud

Jika file Excel Anda disimpan di penyimpanan cloud seperti OneDrive, Anda dapat membukanya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Dari tampilan belakang panggung Excel, klik Buka dan pilih penyimpanan cloud OneDrive.
2. Sekarang, masuk ke akun OneDrive Anda dari sini jika Anda belum masuk.

Buka file yang ada dari file Terbaru

Excel mengaktifkan folder Terbaru pada tampilan belakang layar. Untuk sementara menyimpan file yang baru dibuka. Jika memiliki file Excel yang Anda inginkan, Anda dapat membukanya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

1. Dari tampilan belakang panggung Excel, klik Buka dan cari file yang ingin Anda buka di bawah Terbaru 
Jika kami sering bekerja dengan buku kerja yang sama, Anda dapat menyematkannya ke tampilan Backstage untuk akses cepat.

1. Arahkan ke tampilan Backstage lalu klik Open. Buku kerja kami yang baru diedit akan muncul.

2. Arahkan mouse ke atas buku kerja yang ingin kita sematkan. Ikon pushpin akan muncul di sebelah buku kerja. Klik ikon pin itu.


3. Buku kerja akan tetap berada di Buku Kerja Terbaru, atau Anda juga dapat menemukannya di dalam tab Terpasang. Untuk melepas sematan buku kerja, cukup klik ikon pin lagi.

Catatan: Kami juga dapat menyematkan folder ke tampilan Backstage untuk akses cepat. Dari tampilan Backstage, klik Open, lalu cari folder yang ingin kita pin dan klik ikon pushpin.

Modus kompatibilitas

Kami mungkin memiliki file Excel yang dibuat dalam versi Microsoft Excel yang lebih lama, seperti Excel 2003 atau Excel 2000. Terkadang, kami perlu bekerja dengan buku kerja tersebut untuk membuat beberapa perubahan di dalamnya. Saat kami membuka buku kerja semacam ini, mereka akan muncul dalam mode Kompatibilitas.

Mode kompatibilitas menonaktifkan fitur tertentu. Misalnya, jika kita membuka buku kerja yang dibuat di Excel 2003, kita hanya dapat menggunakan tab dan perintah yang tersedia di Excel 2003. Oleh karena itu, kita hanya dapat mengakses perintah yang ditemukan di program yang digunakan untuk membuat buku kerja.

Untuk keluar dari mode Kompatibilitas, kita perlu mengonversi buku kerja ke tipe versi saat ini. Jika kita berkolaborasi dengan orang lain yang baru saja membuat versi Excel yang lebih lama, sebaiknya biarkan buku kerja dalam mode Kompatibilitas agar formatnya tidak berubah.

Untuk mengonversi buku kerja

Jika Anda ingin mengakses semua fitur versi Excel saat ini, Anda bisa mengubah buku kerja ke versi format file tersebut. Misalnya, mengonversi buku kerja versi lama ke format file 2016.
Perhatikan bahwa mengonversi data dapat menyebabkan beberapa perubahan dalam tata letak asli buku kerja.
Ikuti langkah-langkah untuk membuat file lama kompatibel dengan Excel versi 2016:

1. Pada tampilan Excel Backstage, klik tab Info di panel kiri.



2. Klik pada opsi Periksa Masalah dan kemudian Periksa Kompatibilitas.



3. Jika file saat ini memiliki masalah kompatibilitas, file tersebut akan ditampilkan di sini. Pilih versi Excel yang disukai dari sini dan klik OK.

4. Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi tempat kita ingin menyimpan buku kerja, masukkan nama file untuk presentasi, lalu klik Simpan.

5. Buku kerja akan diubah ke tipe file terbaru.

Menyimpan dan Berbagi Buku Kerja

Setiap kali kita membuat buku kerja baru di Excel, kita perlu mengetahui cara menyimpannya untuk mengakses dan mengeditnya nanti. Seperti versi Excel sebelumnya, kita dapat menyimpan file secara lokal ke komputer kita. Namun tidak seperti versi sebelumnya, Excel 2016 juga memungkinkan kita menyimpan buku kerja ke cloud menggunakan OneDrive.

Selain itu, kami juga dapat mengekspor dan berbagi buku kerja dengan orang lain langsung dari Excel.

Simpan dan Simpan Sebagai

Excel menawarkan dua metode untuk menyimpan file: Simpan dan Simpan Sebagai. Opsi ini bekerja dengan cara yang serupa, dengan beberapa perbedaan krusial:

Simpan: Saat kami membuat atau mengedit buku kerja, kami akan menggunakan perintah Simpan untuk menyimpan perubahan kami. Kami akan sering menggunakan perintah ini.
Saat kami menyimpan file untuk pertama kalinya, hanya saat itu kami perlu memilih nama file dan lokasi. Setelah itu, kita tinggal klik perintah Save untuk menyimpannya dengan nama dan lokasi yang mirip. Anda juga dapat menggunakan tombol pintas Ctrl+S untuk itu.
Save As: Kami akan menggunakan perintah ini untuk membuat salinan buku kerja sambil mempertahankan yang asli. Saat kami menggunakan Simpan Sebagai, kami perlu memberikan nama dan/atau lokasi yang berbeda untuk versi yang disalin.

Langkah-langkah untuk menyimpan buku kerja

Sangat penting untuk menyimpan buku kerja kita setiap kali kita memulai proyek baru atau membuat perubahan pada proyek yang sudah ada. Menabung lebih awal dan sering dapat mencegah pekerjaan kita hilang.

1. Temukan dan pilih perintah Simpan di Bilah Alat Akses Cepat.



2. Jika kita menyimpan file untuk pertama kali, panel Save As akan muncul di tampilan Backstage. Di mana pilih lokasi untuk menyimpan file Anda dengan nama file baru.



3. Untuk menyimpan workbook ke komputer kita, klik tombol Browse disini. Atau, kita dapat mengklik OneDrive untuk menyimpan file ke OneDrive Anda.



4. Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi di penyimpanan lokal tempat kami ingin menyimpan buku kerja. Masukkan nama file untuk buku kerja, lalu klik Simpan.


5. Buku kerja akan disimpan. Kita dapat mengklik perintah Simpan (Ctrl+S) lagi untuk menyimpan perubahan saat kita memodifikasi buku kerja.

Menggunakan Save As untuk membuat salinan

Jika kami ingin menyimpan versi buku kerja yang berbeda sambil mempertahankan yang asli, kami dapat membuat salinannya. Misalnya, jika kami memiliki nama file "Data Penjualan", kami dapat menyimpannya sebagai "Data Penjualan 2" sehingga kami dapat mengedit file baru dan tetap merujuk kembali ke versi aslinya.

Pada file yang sedang dibuka, pilih perintah Save As pada tampilan Backstage. Kemudian ikuti langkah yang sama seperti saat menyimpan file untuk pertama kali, kita harus memilih tempat menyimpan data dan memberinya nama file baru.

Pulihkan Otomatis

Excel secara otomatis menyimpan buku kerja kita ke folder sementara saat kita mengerjakannya. Jika kami lupa menyimpan perubahan kami, atau jika Excel mengalami crash, kami dapat memulihkan file menggunakan fitur Excel AutoRecover.

Untuk menggunakan Pulihkan Otomatis

1. Buka Excel 2016. Jika versi file yang disimpan secara otomatis ditemukan, panel Pemulihan Dokumen akan muncul.

2. Klik untuk membuka data yang tersedia. Buku kerja akan dipulihkan.


Catatan: Secara default, Simpan Otomatis Excel setiap 10 menit. Jika kami mengedit buku kerja kurang dari 10 menit, Excel mungkin tidak mengembangkan versi Simpan Otomatis.
Jika kami tidak melihat file yang kami perlukan, kami dapat menelusuri semua file AutoSaved dari tampilan Backstage. Cukup buka File > Info > Kelola Buku Kerja > Pulihkan Buku Kerja yang Tidak Disimpan. Dari sini, Anda dapat mengatur opsi pemulihan otomatis yang diperlukan.

Mengekspor Buku Kerja

Secara default, buku kerja Excel disimpan dalam tipe file .xlsx. Mungkin ada saatnya kita ingin menggunakan jenis file lain, seperti PDF atau workbook Excel 97-2003. Sangat mudah untuk mengekspor buku kerja kita dari Excel dalam berbagai jenis file.

Untuk mengekspor buku kerja sebagai file PDF

Mengekspor buku kerja kita sebagai dokumen Adobe Acrobat, biasanya disebut file PDF, bisa sangat membantu jika berbagi buku kerja dengan seseorang yang tidak memiliki Excel. PDF akan membuatnya layak untuk dilihat oleh penerima, tetapi tidak untuk mengedit konten buku kerja kita.

1. Klik tab File untuk membuat tampilan Backstage.

2. Klik Ekspor, lalu pilih Buat PDF/XPS.



3. Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi tempat kami ingin mengekspor buku kerja, masukkan nama file, lalu klik Terbitkan.


Catatan: Secara default, Excel hanya akan mengekspor lembar kerja yang aktif. Jika kami memiliki beberapa lembar kerja dan ingin menyimpan semuanya dalam file PDF yang serupa, klik Opsi di kotak dialog Simpan sebagai. Kotak dialog Opsi akan muncul. Pilih Seluruh buku kerja, lalu klik OK.

Untuk mengekspor buku kerja dalam jenis file lain

Kami mungkin juga merasa terbantu untuk mengekspor buku kerja kami dalam jenis file lain, seperti Buku Kerja Excel 97-2003 jika kami perlu berbagi dengan orang yang menggunakan versi Excel yang lebih lama, atau file .CSV jika kami memerlukan versi teks biasa dari buku kerja kami.

Klik tab File untuk membuat tampilan Backstage.
Klik Ekspor, lalu pilih Ubah Jenis File.
Pilih jenis file umum, lalu klik Simpan Sebagai.
Kotak dialog Save As akan muncul. Pilih lokasi tempat kami ingin mengekspor buku kerja, masukkan nama file, lalu klik Simpan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url