10 Tips dan Trik Cara Agar Konsentrasi dan Fokus


Tips dan Trik Agar Fokus dan Konsentrasi - Fokus akan suatu hal yang dilakukan sangat menyenangkan dan pasti akan tercerna dalam pikiran dengan baik. tidak heran bila dengan fokus pekerjaan menjadi teratur dan tepat waktu.

Berbeda bila pikiran terlalu berat dan sulit dicerna akan menyebabkan sulitnya mencerna akan perkataan seseorang, alhasil membuat tugas menjadi tertinggal, hasil tidak sesuai ekspetasi, hingga dapat membuat sakit. Sebernanya apa saja yang membuat dan menambahkan fokus dan konsentrasi meningkat, mari menelisik penjelasan berikut ini.

Apa itu Konsentrasi dan Fokus?

Menurut kbbi konsentrasi yaitu

pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal, pemusatan tenaga
kekuatan, pasukan, dan sebagainya di suatu tempat: ada -- pasukan di daerah perbatasan
pemusatan beberapa penerbitan dalam satu kekuasaan

Menurut   (Djamarah, 2008)

Konsentrasi adalah pemusatan fungsi jiwa terhadap suatu objek seperti konsentrasi pikiran, perhatian dan sebagainya

Slameto (2003) mengungkapkan 

konsentrasi dalam belajar merupakan pemusatan perhatian terhadap mata pelajaran dengan mengenyampingkan semua hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran.
Dapat ditarik kesimpulanya dari kamus besar bahasa indonesia dan menurut ahli bahwa konsentrasi dan Fokus yaitu memusatkan pikiran pada suatu tempat.

Tips dan Trik Supaya Selalu Fokus dan Konsentrasi

Banyak yang bertanya bagaimana tips dan trik supaya selalu fokus dan trik, apa saja rahasianya, berikut tips dan trik yang bisa kalian terapkan untuk selalu fokus dan konsentrasi saat beraktifitas diluar rumah maupun di dalam rumah.

Tips dan Trik Pertama Mengerjakan Satu Demi Satu

Bila kalian ingin terfokus dan tidak membuat pikiran buyar mulailah mengerjakan satu hal terlebih dahulu, jangan mengambil banyak hal, karena menyebabkan banyak fokus dan berantakan. Mulailah abaikan atau dikurangi hal-hal yang menurut kamu tidak terlalu penting, sehingga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu.

Tips dan Trik Kedua Prioritaskan Hal Pokok dan Paling Penting

Cara ini paling ampuh yang bisa kalian terapkan, karena memiliki dampak yang sangat besar dengan memilah-milah terlebih dahulu yang diutamakan dan didahulukan. Memang sulit mengambil keputusan, akan tetapi mencoba itu tidak ada yang salah, sehingga mulailah putuskan.


Tips dan Trik Ketiga Makan Terlebih Dahulu

Penting, mengerjakan sesuatu pasti membutuhkan tenaga yang besar, agar mengerjakan sesuatu badan tidak lemas, perlu stamina seperti makan-makanan yang sehat dan bergizi, mengandung 4 sehat 5 sempurna, makanlah seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Tips dan Trik Keempat Istirahat

Letih penat memanglah membuat badan terasa berat, walau pikiran masih beringas akan tetapi bila badan tidak kuat menyangga maka sama saja, bila dipaksa dapat menyebabkan badan terasa sakit, maka perlu istirahat yang teratur, tidak perlu sampai target terapai akan tetapi badan sakit-sakitan, berusahalah semampunya, karena kesehatan itu yang utama.

Isitirahat yang cukup juga baiknya diimbangi dengan meditasi meluangkan waktu 5 hingga 15 menit dengan posisi yang nyaman, dan coba pikirkan kembali apa saja yang ingin dilakukan hari ini.

Tips dan Trik Kelima Sering-sering Minum Air Mineral

Seringlah minum air mineral karena hal tersebut dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi juga ada lebihnya dapat menjaga kesehatan tulang dan otot, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, membantu mengatasi sembelit, dan mencegah anemia.

Tips dan Trik Keenam Membuat Planing atau Rencana Panjang

Bila tips dan trik diatas sudah diterapkan coba sekarang mulai ulang dan atur dari awal, dengan cara membuat rencana panjang atau planing, perlu diingat, tidak perlu berlebihan, terpenting sesuai kapasitas kamu masing-masing.


Tips dan Trik Ketujuh Rehat dari Media Sosial

Mengonsumsi media sosial memanglah ada dampak baik dan buruknya, akan tetapi yang berlebihan itu pasti banyak tidak baiknya, seperti candu media sosial dapat merusak keinginan beraktifitas diluar rumah, hal tersebut menyebabkan mengurangnya kualitas bersosialisasi kamu. Penitng coba matikan handphone kamu dengan mencoba satu jam hingga satu hari tanpa mengonsumsi media sosial atau yang berhubungan dengan internet.

Tips dan Trik Kedelapan Olahraga dan Pola Hidup Sehat

Olahraga sangatlah penting dengan menggerakan seluruh tubuh juga berolahraga lima sampai tiga puluh menit secara rutin kalian saja sudah dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, mengendalikan diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah nyeri punggung, menangkal obesitas, menunda keterbatasan fisik saat usia tua, menekan risiko osteoporosis, dan meningkatkan kualitas hidup.

Tips dan Trik Kesembilan Traveling

Bila jenuh beristirahat dirumah cobalah bepergian menuju destinasi objek-objek wisata indah dan memanjakan, hal tersebut bisa membuat pikiran termuat ulang, meninggalakan berat tanggungan sesaat. Perlu kalian rencanakan ulang dan membuat rencana matang kembali untuk kedepan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

Tips dan Trik Kesepuluh Positive Thinking

Mulailah dari dalam diri sendiri selalu berpikir positif akan hal apapun, karena hal tersebut dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi jangan sampai masuk kedalam prasangka buruk karena dapat menambah dan membebani pikiran kamu. Lebih baik memikirkan yang lebih diutamakan dan hal pokok karena lebih menguntungkan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url