Tips Membuat Otak Fresh Menumbuhkan Ide Menulis


Sering Terjadi seorang penulis kehabisan ide atau tips dan trik untuk menulis. Banyak penulis perlu memerlukan  situasi dan kondisi yang sangat khusus, misalnya:

1. Tips dan Trik Konsentrasi Tinggi

    Tanpa Konsentrasi otak tidak bisa berpikir dengan baik dan tentu susah menulis, sehingga perlu tips dan trik konsentrasi tinggi dengan cara mulailah berfikir dengan jernis dan tenang, tidak perlu terburu-buru, koreksi diri sendiri.

2. Tips dan Trik Tempat yang Nyaman dan Menyenangkan

     Tempat menulis yang nyaman dan menyenangkan akan menambah gairah, sehingga perlu Tips dan Trik tempat yang nyaman dan menyenangkan dengan memilih tempat duduk yang nyaman karena tempat duduk tidak nyaman akan membuat akan jadi cepat lelah. Demikian pula lampu harus terang karena menulis harus memerlukan penerangan yang cukup. mata yang cepat lelah membuat ide hilang sebelum tertulis


Mengatasi Ide yang Mampet Atau Meningkatkan Tips dan Trik Menulis

A. Tips dan Trik Membaca Buku

Membaca buku sangatlah perlu agar dapat menumbuhkan semangat menulis dan termotivasi akan hal-hal yang dibaca dalam buku tersebut. Tips dan trik agar semangat menulis tumbuh dengan cara membaca buku-buku motivasi.

B. Tips dan Trik Cari Penyebab Kemacetan

   Perlu dicari penyebab kemacetan ide menulis, tips dan trik coba tanyakan dengan diri sendiri apakah macet karena kekurangan bahan,lelah, bosan, atau sakit, itu perlu dan penting, atau hanya karena lelah perlu memberikan istirahat.


C. Tips dan Trik Lupakan Pikiran yang Menggangu

     Menenangkan pikiran memang paling susah, akan tetapi harus di coba untuk melupakan pikiran lain yang tidak perlu. tips dan trik untuk melupakan hal berat sejenak dengan cara refreshing atau jalan-jalan sebentar dapat menenangkan dan mengembalikan konsentrasi.

D. Tips dan Trik Istirahat yang Cukup

     Kekurangan istirahat dapat menggangu kerja otak. Otak lelah karena kekurangan oksigen sehingga mata menjadi berat, sehingga perlu istirahat yang cukup minimal 5-8 jam untuk istirahat.

E. Tips dan Trik Cari Bahan Tambahan Bila Perlu

      Ide macet bisa jadi karena kekurangan bahan, Bila perlu, cari bahan tambahan dengan membaca, bertanya pada teman, atau cari data yang baru, sumber yang baru.

F. Tips dan Trik Membuat Badan Sehat dan Tumbuhkan Semangat Baru

     Bila sakit, sehatkan dulu badan walaupun membutuhkan waktu. Sesudah sehat tumbuhkan semangat baru dan mulai menulis lagi.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Hazira Azza Faroni
    Hazira Azza Faroni 20 Jan 2019, 18:02:00

    Kadang saya sering kesulitan dalam membuat artikel,,seringkali pikiran yang tidak bisa di kondusifkan,,semoga artikel agan bisa membantu saya

  • Mohammed Alqi Fahrezi
    Mohammed Alqi Fahrezi 16 Feb 2019, 15:18:00

    Nah boleh juga tips nya. Kalo saya sih lebih ada ide nulis ketika sepi / malam hari

Add Comment
comment url