10 Tips dan Trik Cara Foto yang Keren Pemula Langsung Mahir

Beragam jenis kamera memanglah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, akan tetapi sekarang ini, gawai sedang marak-maraknya digunakan, hal tersebut karena ringkas, tidak berat, juga berfungsi banyak seperti chat, game, dan menulis.

Tidak heran bila pengguna kamera DSLR dan Mirorless berkurang, akan tetapi hasil foto kamera gawai masih kurang baik, dari pada kedua kamera tersebut, alasanya DSLR dan Mirorless memang difungsikan untuk profesional menangkap gambar, berbeda dengan gawai.

10 Tips dan Trik Cara Foto yang Keren Pemula Langsung Mahir
10 Tips dan Trik Cara Foto yang Keren Pemula Langsung Mahir

10 Tips dan Trik Cara Foto yang Keren Pemula Langsung Mahir

Hasil foto yang keren terlihat profesional bisa kamu gunakan kamera DSLR dan Mirorless, akan tetapi jika hanya mempunyai gawai ingin menghasilkan foto yang keren terlihat profesional kamu bisa lakukan tips dan trik berikut ini agar hasil foto kamu keren.

Tips dan Trik Memilih Latar Belakang

Pemilihan latar belakang perlu kalian pikirkan, karena hal ini akan mempengaruhi hasil foto yang keren milikmu, bayangkan saat kamu wisuda background fotonya di tempat pembuangan akhir sampah, pastinya hal tersebut mungkin terjadikan, masa iya, foto wisuda bersama keluarga background fotonya ditempat yang kurang enak dipandang. Pastinya kamu bakal menyewa studio foto yang backgroud aesthetic dan menambah kesan indah hasil fotonya.

Usahakan pemilihan latar belakang menggunakan warna cerah, seperti putih, atau brown, kamu dapat menambahkan aksesoris latarbelakang supaya menmbah kesan aesthetic dan ramai, seperti tanaman hias, meja, dan buku wisuda, hehehe. 

Tips dan Trik Temukan Pencahayaan Sempurna 

Sudah banyak dibahas diblog ini hingga sebelah, kalau pencahayaan adalah hal paling penting dalam menghasilkan foto yang keren, aesthetic, dan menarik, karena jika dianalogikan ini seperti nyawanya, bila tidak ada nyawa pasti tidak hidup, kenapa nyawa, bila berfoto tidak pencahayaan pasti hasilnya gelap, contoh cahaya matahari, flash, dan lampu tidak ada, pasti hasil hanya hitam di layar kamu. Maka dari itu penting memilih pencahyaan untuk foto yang keren dengan memilih cahaya alami atau reflektor.

Cahaya alami sebaiknya kamu mengambilnya di jam-jam 7 - 9 pagi, atau sebelum matahari terbenam, karena hasil cahaya sangat bagus, pagi sangat terang, dan sore hari cahayanya berwarna sedikit kemerah-merahan. Tapi tidak perlu khawatir jika kamu hanya bisa berfoto malam hari, dengan menggunakan reflektor berfoto waktu kapanpun bisa menghasilkan foto yang keren, aesthetic dan menarik.

Tips dan Trik Terapkan Komposisi Simetris

Menggunakan teknik pengambilan foto yang keren tepat komposisinya dan posisi yang simetris, hal ini dapat memusatkan objek sedang kamu tangkap, untuk jarak kanan-kiri, atas-bawah seimbang,  memang sedikit membosankan akan tetapi teknik ini sedikit ada dampak dengan hasil foto.

Alangkah baiknya memilih terlebih dahulu foto apa yang sedang kamu tangkap, teknik ini sangat cocok digunakan untuk foto produk, karena mementingkan komposisi, dan posisi simetri terkesan menonjolkan kelebihan produknya. 

Tips dan Trik Penempatan Objek Pada Layar

Objek yang bagus ditempatkan di bidang yang datar, contoh objek yang akan ditangkap berupa produk makanan, pasti produk tersebut ditaruh di bidang datar agar berdiri tegak supaya tidak tergulir saat pengambilan gambar.

Setelah menempatkan di bidang datar kamu dapat mengambil objek foto tersebut menaruh di bagian pojok layar atau di tengah layar, tergantung dengan objek kamu, hal ini dapat membuat nuansa yang beragama, posisikan sekreatif mungkin agar dapat menghasilkan foto yang keren, estetik, dan menarik.

Tips dan Trik Memotret Saat Objek Bergerak

Mengambil gambar saat objek bergerak perlu pengalaman dan sudah lama terjun di dunia fotogragi, kenapa? Karena kamu pasti akan pengaturan kamera, seperti shutterspeed  atau kecepatan tangkapan gambar dipercepat karena objek yang bergerak bila tangkapan gambarnya tidak cepat pasti menghasilkan foto blur.

Sehingga pengambilan objek bergerak pastikan sudah memiliki pengalaman fotografi yang handal, dan bila baru pertama kali memotret objek bergerak kamu bisa atur pengaturan shutterspeed  dan coba-coba sendiri menangkap kendaraan bergerak.

Tips dan Trik Bereksperimen Dengan Angle Foto

Angle atau bisa disebut sudut pengambilan gambar, dengan teknik ini bisa mengambil mempengaruhi hasil foto, kamu bisa memposisikan objek di tengah  dengan kanan-kiri, atas-bawah seimbang, supaya memfokuskan dan menonjolkan objek foto ditengah.

Ada banyak teknik sudut pengambilan gambar, akan tetapi kamu bisa dengan cara mudah terlebih dahulu, dan eksperimen dengan sendiri bagaimana pengambilan foto terbaik supaya menarik.

Tips dan Trik Tersenyum, atau Bahkan Tertawalah Sungguhan 

Tertawa sugguhan atau tidak, teknik ini sering disebut candid foto, karena saat pengambilan gambar jujur, dan tidak sadar saat pengambilan gambarnya , hal ini akan memperkuat kesan nyata terjadi atau sesuai keadaan yang tidaj dibuat-buat, terlebih biasanya hasil foto lebih menarik dan keren.

Foto candid bisa kamu coba di tempat umum yang ramai, banyak objek yang bisa untuk latihan atau uji coba supaya mahir dan profesional, atau bisa ditempat olahraga umum, seperti stadion, jalanan umum, dan alun-alun kota.

Tips dan Trik Temukan Detail Menarik

Detail foto yang tajam, kamu bisa menggunakan fitur HDR di gawai kamu, efek tersebut akan meningkatkan dan menyeimbangkan hasil tangkapan foto kamu, tidak semua gawai ada fitur HDR jadi pastikan kamu tahu fitur kelebihan dan kekurangan foto gawai kamu.

Bila tidak support  fitur HDR kamu bisa menggunakan filter atau mengedit secara manual di aplikasi pc seperti photoashop, atau picart di gawai kamu.

Tips dan Trik Sabar

Kunci dari hasil yang bagus adalah "sabar" mulai mencoba, praktik secara langsung, tidak takut gagal mengulang dan mencoba lagi, demi menghasilkan foto yang keren, estetik dan menarik.

Tips dan Trik Menggunakan Gridline

Gridline fitur ini sangatlah membantu untuk meenentukan hasil yang maksimal, karena dengan gridline kamu dapat menentukan objek fokus atau bokeh objek dengan baik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url