Mengenal Lebih Dalam Print On Demand Keuntungan dan Kelebihan Serta Rekomendasi Agar Profit

Apa itu Print On Demand?

Print on demand merupakan bentuk model bisnis e-commerce baru  yang menyediakan  barang dengan custom design, ukuran, warna, dll. Bila kamu mahir di bidang design bisa coba print on demand  karena ada fasilitasi untuk menjual design dengan menjadi hasil akhir print on demand di objek seperti baju, gelas, jaket, dll.

Adanya model bisnis e-commerce  baru kalian tidak perlu print sendiri, ataupun ke print shop, print fabric, atau malah ke print screen jika kalian menggunakan print manual. Terlebih di print on demand menjual beraneka ragam produk jual.

Kelebihan dan Kekurangan apa saja yang ada di Print On Demand?

Kekurangan: 

Pilihan terbatas, jenis dan bahan ditentukan oleh supplier.
Profit relatif rendah, produk dibeli satu persatu dari produsen setiap ada pesanan, menjadikan Harga per itemnya tidak maksimal.
Pengiriman di luar kendali kamu, biaya ongkos kirim yang relatif murah biasanya pengirimannya Lama, meski diluar kendali kamu, pelanggan tetap komplain ke-kamu.

Kelebihan: 

Minim resiko, tidak perlu menyetok barang yang banyak sehingga tidak ada barang yang sisa.
Mudah dieksekusi, tidak ada minimal design.
serba praktis, pengemasan akan ditanggung oleh suplier.
Lebih terjangkau. penjualan produk ke seluruh dunia  hingga kamu menjual produk ke skala Internasional, sehingga tidak mengeluarkan budget yang terlalu banyak.

Bila kamu berminat untuk mulai menjual karya design di print on demand hingga membangun brand kamu sendiri, berikut ini ada 4 tips mengembangkan bisnins print on demand:

Membangun bisnis pastinya harus memiliki strategi pemasaran dan rencana supaya menghasilkan hasil yang maksimal, walaupun bisnis print on deman, tetap harus memiliki strategi pemasaran, dan rencana harus dengan matang. Membuat strategi untuk menjalankan bisnis print on demand tidaklah susah. berikut langkah-langkahnya:

1. Tentukan Target Pasar (Niche) dan Konsisten Mengembangkan Produk

Bila sudah mempunyai target pasar (niche) design sendiri kemuadian kalian buatlah secara konsisten. Tentu juga kamu harus memilih produk pilihan yang banyak dicari dan digunakan banyak orang seperti jaket. 
Produk yang bagus itu tahu tujuan, arah, dan konsisten mengembangkan produk hingga terjual
Lebih kuatkan branding dengan menonjolkan keunggulan design, produk kamu supaya mempunyai cirikhas sendiri, agar banyak orang mengetahui produk yang kamu punya.

2. Design dan Bangun Jejaring Media Sosial

Design yang bagus akan menggait dan menarik perhatian banyak orang, karena e-commerce  bisnis ini sangat mengandalkan visual atau tampilan yang membuat menarik banyak orang. Jika tidak bisa mendesign kalian dapat membeli design orang lain di beberapa platform yang menjual design seperti fiver, envato, dan creative market.

Setelah menentukan dan membuat design berikutnya bangunlah sebuah jejaring di media sosial untuk menunjukan produk dan design yang kalian punya supaya banyak orang mengerti bahwa kamu menjual produk dan design di print on demand.  Kamu bisa membuat jejaring online seperti menggunakan Wordpress, Blogspot, instagram, platform toko online, dll.

3. Promosi 

Penting untuk menggait konsumen secara luas, perlu adanya promosi, kamu bisa melakukan promosi di berbagai penyedia platform iklan seperti instagram, pintres, google adsenses, facebook, dll. tidak hanya mempromosikan lewat jasa iklan, kalian juga bisa menyebarkan lewat komunitas, atau meningkatkan seo website kalian.

4. Memeriksa Performa Bisnis

Setelah 3 langkah diatas kamu terapkan, selanjutnya bisa kalian cek kembali hasil yang kalian lakukan dengan melihat performa bisnis kamu. Melihat performa bisnis bisa dilihat di analyticsnya. Bila kamu menggunakan media sosial instagram kalian bisa melihat di analytics hasil story, postingan, pengunjung, jangkauannya, pemirsa, dll.
Hal tersebut untuk melihat, menganalisis, dan mengkriteriakan pelanggan, agar lebih jelas target pasar yang di fokuskan, juga melihat produk mana saja yang disukai pelanggan tersebut.

Bila kalian ingin langsung memulainya, berikut rekomendasi print on demand untuk kamu.

Berikut penyedia jasa print on demand:

1. Redbubble



Situs redbubble jasa print on demand, jangakaunnya internasional sehingga kalian dapat menjual di seluruh dunia. Kelbihannya produk cetak lokasi terdekat kamu, juga redbubble bekerjasama dengan berbagai jasa kurir sehingga pengiriman produk cepat sampai ke tangan pelanggan.

Kekurangannya beberapa produ tidak dapat dikirim ke seluruh dunia, juga ongkos kirim bervariasi tergantung jenis produk. Profit rendah karena design yang terjual belum tentu menghasilkan profit.

2. Teepublic

Teepublic Print on demand kurang lebih seperti redbubble jangkuannya samapai internasional.

3. Tees

Jasa print on demand, Tees kurang lebih juga sama dengan situs-situs di atas. kelebihannya produksi dan pengiriman cepat 1-3 hari, juga bekerja sama dengan kurir. Pembelian tidak ada batasan dan bisa custom. Menyediakan jasa design bila kalian ingin gambar yang berbeda dari yang lain atau ingin sesuai keinginan kamu.

4. Print Aura

Jasa print on demand, Print Aura memiliki kelebihan pengerjaan pengiriman sangat cepat, dan terintegrasi 8 e-commerce and marketplace, paling populer. Kekurangan custom servis lumayan buruk, banyak komentar memberikan ulasan negatif, kemudian harga pemesanan terbilang cukup mahal, dan tampilan website kurang mobile friendly.

5. Ciptaloka

Jasa print on demand, Ciptaloka memiliki kelebihan yang pertama pengiriman cepat, pesan custom satuan tidak memiliki batas minimum order, menyediakan jasa design gratis. Kekurangan kualitas hasil cetakan kurang berkualitas, dan banyak ulasan negatif.

6. Prifinty

Jasa print on demand, Prifinty memiliki kelebihan banyak pilihan produk, custom design, terintegrasi dengan platform toko online yang selalu diperbarui. Kekurangan dikelola pihak ketiga, mockup tampilan yang terlalu jadul, custom servis yang buruk.

7. Tokome


Jasa print on demand, Kelebihan tokome yaitu fitur custom desain dan mencetak secara online, menggunakan bahan yang premium, kualitas tinggi, dan jaminan uang kembali. Kekurangan membutuhkan waktu lama, pengiriman kurang lebh 7 - 10 hari, sabtu minggu libur.

Itulah langkah-langkah dan rekomendasi print on demand yang bisa kamu gunakan sebelum dan menerapkannya, terkait bisnis e-commerce baru, semoga bermanfaat.

print indonesia,indonesian print fabric,indonesian print,indonesia print on demand,hobby print indonesia, print shop near me,printer,print,print screen mac,printify,printer shop near me,printen,print screen windows,print on demand,print shop,print screen,print screen german keyboard,print shop berlin,print on demand deutschland.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url