15 Tips Foto Produk Makanan dengan Kamera Hp Instagramable

cara foto produk makanan
cara foto produk makanan

Memfoto produk memanglah sedikit susah sedikit mudah, hanya perlu effort yang besar agar dapat melakukan pengambilan foto produk makanan, pengambilan foto produk, kamu bisa dapat menggunakan dengan hp atau kamera yang lebih profesional. Akan tetapi pada tutorial artikel ini, tips dan trik digunakan untuk pengguna hp, juga dapat diterapkan bila kamu menggunakan kamera.

15 Cara Foto Produk Makanan Dengan HP

Berikut Tips dan Trik Cara foto produk makanan aesthetic dengan Hp, bisa kamu gunakan refrensi apa saja peralatan dan trik supaya menghasilkan foto menarik.

Gunakan Peralatan Pendukung

Kamu dapat menggunakan peralatan pendukung sebagai alat untuk menambah kesan aesthetic, dan menarik.Tips dan Trik memilih peralatan pendukung bisa seperti aksesoris tanaman tanaman hias, hingga tumpukan buku resep makanan, untuk pelatakan aksesoris bisa kamu menyesuaikan sendiri, terpenting objek terfokus apa yang disampaikan kepada masyarakat dan memiliki kesan enak dilihat.

Atur Cahaya

Pencahayaan salah satu peran terpenting dalam foto produk makanan dengan hp, karena seberapa bagus alat yang kalian gunakan, jika tidak ada pencahayaan akan menghasilkan foto yang tidak baik. 
Pilihlah pencahayaan alami atau reflektor, untuk cahaya alami yaitu matahari, waktu yang baik mengambil foto menggunakan cahaya alami yaitu jam 7-9 pagi dengan sebelum matahariterbenam.
Reflektro pencahayaan bisa kamu gunakan untuk menerangi produk maknan, atur sesuka kamu, dan seimbangkan dengan kecerahaan produk makanan kamu, supaya menghasilkan foto menarik.

Potret Sudut Terbaik Produk Makanan

Mengambil sudut untuk memotret memanglah mudah-mudah susah, karena mentukan seperti apa hasilnya perlu memilih angle yang baik dan perlu latihan menentukannya, seperti objek apa yang diambil, dan besar atau kecil objek tersebut, perlu menjadi acuan memilih anglenya, melihat dari angel yang baik dapat membuat kesan aesthetic, Kamu bisa mengambil dari sudut bawah, kanan tengah. Beberapa angel yang baik sepeti eye level, low angle, high angle, bird eye level, frog view engle, dan canted angle. 

cara foto produk makanan
cara foto produk makanan

Gunakan Filter Terbaik

Menggunakan filter ada dua kemungkinan, pertama dapat menambahkan bagus dan kedua mengurangi fokus objek, malah menjadi tidak bagus. Sebelum menggunakan filter atur dan coba-oba terlebih dahulu, jika dirasa cocok dan menambah kesan aeshetic pakailah. Tips dan Trik memilih filter yaitu dengan fokus produk tidak mengurang dan pilih filter yang membuat lebih jelas produk.

Tidak Perlu Memasukan Aksesoris Makanan Beragam Terlalu Banyak

Memasang aksesoris agar menambah tampilan asthetic, perlu adanya batasan, karena terlalu banyak aksesoris dapat memberikan banyak fokus objek produk. Hal tersebut dapat menimbulkan beragam pertanyaan, produk apa yang dijual, tidak menjadi menarik, dan terkesan terlalu ramai. Tips dan Trik coba kamu memilah dan menentukan apa saja yang ingin kamu tampilakan dalam gambar tersebut, usahakan pilih yang terbaik agar dapat menarik masyarakat yang melihatnya.

Memilih Peralatan Makanan

Produk makanan tak lengkap bila hasil fotonya hanya piring dan makanan, kamu perlu menambahkan sejenis aksesoris makanan ditampilkan saat mengambil tangkapan gambar, agar lebih menarik. Usahakan menggunakan peralatan masakan terbaik kamu, jangan sampai peralatan yang sudah karatan kamu tampilkan dalam foto tersebut.

Menggunakan Alat Pendukung Foto

Kamu dapat menggunkan alat pendukung untuk mengambil gambar agar lebih memudahkan kamu menghasilkan foto produk yang maksimal, seperti menggunakan tripod, lensa, dll.

cara foto produk makanan
cara foto produk makanan

Edit Foto

Editing hal ini perlu dilakukan agar menghasilkan foto produk makanan yang menarik, kamu bisa mulai megedit background, detail, kontras, dan mengcrop, supaya hasil akhir produk menjadi menarik. Jika dirasa kurang dengan hasil atau kurang memberikan kejelasan produk makanan tersebut kamu bisa menambahkan text keterangan pada produk tersebut, agar pelanggan mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Supaya menarik kamu bisa mencoba menggunakn font text yang sesuai dengan tema produk makanan kamu, agar menjadi aesthetic dan menarik pelanggan, juga tambahkan diskon agar pelanggan semakin menjadi tertarik.

Mengedit foto dapat menggunakan software seperti photoshop, jika kamu menggunakan smartphone dapat picart yang dapat membantu kamu mengedit, dan cara mengeditnya mudah, tentunya tampilannya mobile friendly.

cara foto produk makanan
cara foto produk makanan

Beri Space Foto Produk Makanan

Pengambilan tangkapan produk makanan ushakan beri ruang dan jarak antara makanan kanan, kiri, bawah, dan atas, ketika foto objek makanan memenuhi frame membuat terlihat tidak menarik, karena hanya menampakkan makanan tersebut, perlu adannya background menarik, supaya menarik dilikihat. Bisa gunakan cara menambahkan dekorasi seperti tumbuhan agar terlihat segar, dengan mengedit, bagian-bagian yang terlalu kosong space terlalu jauh.

Menggunakan Teknik KKB Foto Produk

Kamu bisa memadukan pengambilan foto atau angle dengan teknik ini, supaya menghasilakan foto terbaikmu. Dalam teknik foto produk makanan food photography, yaitu kanan-kiri-belakang (KKB) mengambil posisi berikut ini:

  • 3 cm kanan
  • 9  cm kiri
  • 12 cm belakang
Hal tersebut agar menghasilkan foto yang bagus dan menarik, akan tetapi kamu harus tau pencahayaannya mengarah kemana, ambil angle yang terbaik agar kualitas foto menarik dan bagus.

Menggunakan Aperatur Besar Pada Produk Makanan

Pakai aperture besar supaya lebih banyak cahaya masuk ke dalam lensa, dengan begitu produk makanan menjadi tampak lebih nyata. Beberapa fotografer memberikan dengan memperbesar aperture membuat objek foto produk makanan lebih tampak tiga dimensi.

Kamu perlu memperhatikan setting iso, shutter speed  agar menghasilkan foto produk makanan menarik, juga pakai iso rendah agar tidak timbul noise dalam foto kamu.

Objek Statis Foto Produk Makanan

Perlu kalian perhatikan objek produk makanan tidak bergerak atau harus keadaan statis, supaya saat pengambilan gambar produk makan memudahkan memfokuskan objek produk makanan tersebut. Pastikan kamu tempatkan di bagian datar supaya produk makanan tidak terguling sendiri, agar yang dihasilkan foto produk makanan menarik.

Menggunakan Cahaya Alami Atau Cahaya Reflektor

Pencahayaan sangatlah penting diperhatikan, cahaya sangat paling inti dalam mengambil foto produk makanan, sebagus apapun kamera kamu jika tidak ada pencahyaan memang tidak akan menghasilkan foto produk makanan yang menarik.

Kamu bisa menggunakan pencahayaan alami matahari, warna cahaya matahari bagus di kamera saat mulai jam 8 sampai 9 pagi atau sebelum matahari terbenam. Selain menggunakan cahaya alami, kamu juga bisa menggunakan pencahayaan reflektor yang bisa kalian atur-atur sendiri kecerahaan tampilan foto produk makanan kamu.

Buat Konsep Sederhana Foto Produk Makanan

Mengkonsep bagus dilakakukan setelah mengetahui produk kamu terlebih dahulu, seperti berapa besar, dan ukurannya. Beberapa cara konsep foto produk makanan dengan dekorasi pengambilan foto, background saat mengambil foto produk makanan, dan berikan tempat yang cukup luas agar ada space kosong. Coba pakai aksesoris seperti peralatan masak bercorak supaya menambah kesan sedikit ramai, dan menarik.

cara foto produk makanan
cara foto produk makanan

Buat Makanan Dengan Porsi Kecil Foto Produk Makanan

Usahakan produk makanan kamu memiliki ukuran dan porsi kecil, tips dan trik tersebut dengan begitu pengambilan foto produk makanan lebih menarik dan menyeluruh. Produk makanan terlalu kecil juga tidak bagus karena jika terlalu banyak zoom akan semakin pecah foto produk makanan tersebut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url