19+ Cara Memotret Hanya Menggunakan Kamera HP Hasil Super Duper Keren

 

Cara Memotret Foto Yang Bagus Dengan Kamera HP
Cara Memotret Foto Yang Bagus Dengan Kamera HP

Memotret atau mengambil gambar menggunakan DSLR atau gadget memang perlu skill atau pengalaman lebih, angle terbaik yang dapat membuat objek dipandang lebih baik dan menarik salah satu tujuannya.
 Foto atau tangkapan gambar yang diperoleh dengan menggunakan kamera DSLR, Mirorrless, dan kamera hp, memang mempunyai kelebihan masing-masing, seperti halnya kamera Mirorrless lebih ringan dari pada kamera DSLR, juga kamera hp lebih ringan, akan tetapi hasil dari ketiga kamera tersebtut berbeda-beda.

Cara Mengambil Foto yang Bagus Dengan Kamera HP

cara mengambil foto yang bagus dengan kamera hp
Cara Memotret Foto Yang Bagus Dengan Kamera HP
Mengambil foto dengan hasil yang memuaskan memnaglah harus menggunakan teknik seperti beberapa tips dan trik dibawah ini:

Cara Memotret Foto (Eksposur dan Fokus)

Saat menangkap gambar pastikan eksposur dan fokus perlu diperhatikan, karena eksposur akan menentukan terang atau gelap foto yang kamu ambil, kemudian untuk fokus, yaitu detail objek yang ingin kamu sampaikan juga tampilan bagian objek mana yang ingin kamu tonjolkan, agar menghasilkan foto yang bagus.

Cara Memotret Foto (Perhatikan Pencahayaan)

Pencahayaan, hal ini paling penting, karena hasil foto didominasi pencahayaan yang baik akan menghasilkan foto yang bagus. Pastikan kamu menggunakan pencahayaan reflektor atau cahaya alami agar menghasilkan foto yang bagus.

Cara Memotret Foto (Jangan Menggunakan Zoom)

Pengambilan foto yang bagus tidak perlu mengzoom karena zoom pada foto akan membuat hasil foto pecah atau blur, sehingga foto yang bagus tidak dapat dinikmati, dan menghasilkan foto blur.

Cara Memotret Foto (Pertahankan Warna Sesuai Aslinya)

Saat ingin mengambil foto yang bagus kamu tidak perlu menggunakan filter, karena hal tersebut akan membuat hasil foto tidak bagus, karena dapat merubah pencahayaan dan terkadang tidak kontras pada foto.

Cara Memotret Foto (Ambil Gambar dari Berbagai Sudut)

Pengambilan gambar dari berbagai sudut atau sering disebut angle memposisikan hasil gambar dari sudut, hal ini akan memberikan kamu hasil foto yang berbeda-beda dan lebih banyak pilihananya.


Cara Memotret Foto (Posisi yang Kreatif)

Patikan jika kamu memfoto produk, letakan atau posisikan produk tersebut semenarik mugkin, agar produk kamu dapat dilihat oleh konsumen secara keseluruhan, dan konsumen percaya melihat produk yang kamu jual.

Cara Memotret Foto (Pelajari Komposisi Gambar, Kecocokan Objek dan Background)

Background atau disebut latar belakang, kamu bisa memakai dinding, kertas, atau kain, untuk pemilihan warna kamu dapat menggunakan warna yang cerah agar menghasilkan foto yang bagus.

Cara Memotret Foto (Gunakan Mode HDR di Situasi Kontras Cahaya)

Fitur bawaan kamera setiap HP berbeda-beda, HDR yaitu teknik menyeimbangkan hasil foto yang bagus, dengan memanipulasi pencahyaan, kamu bisa gunaan fitur ini, jika pencahayaan sedikit kurang selaras. 

Cara Memotret Foto (Cari Inspirasi Seorang Fotografer)

Lebih baik jika kamu belum mempunyai bagaimana cara pengambilan foto yang bagus, kamu dapat mencari refrensi fotografer profesional, kamu dapat mencari foto-foto yang bagus profesional di pintres.

Cara Memotret Foto (Kenali Kemampuan – Plus Minus Kamera HP)

Memaksimalkan hasil foto yang bagus itu perlu, akan tetapi kita harus tahu kemampuan plus minus pada kamera HP yang kamu punya, jangan terlalu berharap yang dihasilkan sama dengan kamera yang harganya diatas 30 juta. Maka dari itu ada dan bisa kamu menggunakan teknik, agar memaksimalkan hasil foto yang kamu buat dengan cara seperti pencahayaan dan lain-lain.

Cara Memotret Foto (Jaga Kebersihan Lensa HP)

Lensa pada kamera sering-seringlah membersihkannya agar tidak terjadi rusak, seperti bintik-bintik pada lensa, yang mengakibatkan hasil kamera blur dan terkadang gelap saat mengbil potret gambar.

Cara Memotret Foto (Perhatikan Settingan “white balance” – jika hp anda mendukung fitur tersebut)

White balance berfungsi untuk membuat rona putih tampah menjadi putih pada fotografi saat pengambilan gambar. Mengatur white balance sangat penting, kamu dapat mengatur dengan cara atur filter sesuai kondisi cahaya, arahkan objek atau rona berwarna putih, atur iris foto, kemudian tahap terakhir tekan white balance.

Cara Memotret Foto (Pegang HP se-stabil Mungkin)

Stabil saat pengambilan foto yang bagus perlu menggunakan alat seperti tripod atau kamu dapat meletakan di bidang datar agar tidak bergerak, hal ini dilakukan agar tidak terjadi blur pada pengambilan foto, juga fokus foto objek terlihat detail dan jelas.

Cara Memotret Foto (Usahakan Agar Objek yang difoto Dalam Keadaan Diam)

Objek foto letakan pada bidang yang datar agar saat pengambilan gambar tidak blur, hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai kamu meletakan di bidang curam, yang dapat objek kamu bergerak tidak stabil.

Cara Memotret Foto (Gunakan Mode Burst)

Mode brust atau sering disebut mengambil serangkaian foto yang berurutan dalam jepretan jumlah banyak, hal ini dilakukan untuk kamu ingin mengambil dan dapat memilih foto yang bagus dalam jumlah yang banyak.

Cara Memotret Foto (Perhatikan dan Pelajari Komposisi Foto)

Komposisi dalam pengambilan gambar perlu diatur dengan kesesuaian foto tujuan kamu, seperti kontar, pencahayaan, hdr, negative, atur warna, dan rotasi, pastikan foto yang bagus dilihat nyaman dan tidak membosankann.

Cara Memotret Foto (Hindari Penggunaan “flash”)

Penggunaan flash gunakan saat malam hari, jika digunakan saat pencahayaan terang, foto dihasilkan akan gelap, berbeda jika lokasi atau saat malam hari menggunkan flash akan sebaliknya.

Cara Memotret Foto (Angle is Everything)

Angle selalu mengambil sudut yang pas, agar foto yang bagus maksimal, contoh angle yang pas jika foto produk, foto depan tengah produk, supaya keseluruhan objek terlihat jelas dan nyaman dilihat.

Cara Memotret Foto (Buat Foto Bercerita)

Membuat foto yang bagus bercerita akan menambah menarik, karena setiap foto yang kamu hasilkan ada ceritanya, sehingga konsumen semakin tertarik akan isi cerita yang kamu berikan.



Next Post Previous Post